IMPLEMENTASI PELATIHAN TATA BOGA BAGI IBU-IBU RUMAH TANGGA OLEH KELOMPOK MASYARAKAT KELAPA GADING KELURAHAN KARANG ANYAR
Keywords:
Implementasi, Pelatihan Tata Boga, Ibu-Ibu Rumah TanggaAbstract
The training carried out by the Kelapa Gading community group in Karang Anyar Village, Samarinda City is culinary training which functions to increase the capacity and quality of the community, especially for housewives. This research discusses (1) describing the implementation process of culinary training (2) describing the factors that influence culinary training in Karang Anyar Village. The research uses qualitative research methods. Data collection techniques in research use observation, interviews and documentation studies. Data analysis techniques are carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data uses triangulation techniques of sources and techniques. The results of this research show that the implementation of the first Culinary Training Training included a planning stage through needs analysis in the form of discussions with the community to determine needs, then designing training procedures was appropriate so that participants felt the benefits. Both implementation stages are carried out in accordance with training needs and use direct practice methods. The third stage of evaluation is carried out by looking at the results of the training carried out by the instructor by looking at the increase in participants' capacity in processing preparations in terms of taste, level of doneness and texture or shape. It also shows that the factors that influence the success of the training include cost effectiveness, teaching materials, adequate facilities and skilled and professional instructors who are able to guide participants and support the successful implementation of the culinary training.
Keywords: Implementation, Culinary Training, Housewife
Pelatihan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat kelapa gading di Kelurahan Karang Anyar kota Samarinda merupakan pelatihan tata boga yang berfungsi sebagai peningkatan kapasitas dan kualitas masyarakat terkhusus bagi ibu-ibu rumah tangga. Penelitian ini membahas tentang (1) mendeskripsikan proses implementasi pelatihan tata boga (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pelatihan tata boga di Kelurahan Karang Anyar. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yakni dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Pelatihan Tata Boga yang pertama meliputi tahap perencanaan dengan melalui analisis kebutuhan berupa diskusi dengan masyarakat untuk menentukan kebutuhan, kemudian perancangan prosedur pelatihan telah sesuai sehingga peserta merasakan kebermafaatannya. kedua tahap pelaksanaan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan pelatihan dan menggunakan metode praktek langsung. ketiga tahap evaluasi dilakukan dengan melihat hasil pelatihan yang dilakukan instruktur dengan melihat peningkatan kapasitas peserta dalam mengolah olahan dari segi rasa, tingkat kematangan dan tekstur atau bentuk. Serta menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pelatihan ialah terdiri efektivitas biaya, bahan ajar, fasilitas yang memadai dan instruktur yang terampil dan profesional yang mampu membimbing peserta dan mendukung keberhasilan pelaksanaan pelatihan tata boga.
Kata Kunci: Implementasi, Pelatihan Tata Boga, Ibu-Ibu Rumah Tangga
References
Adawiyah. (2020). Kemiskinan dan Faktor-faktor Penyebabnya. Journal of Social Work and Social Service. Vol.1, No.1. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/6336
Ali, Muhammad. (2017). Kebijakan Pendidikan Menengah Dalam Perspektif Governance Di Indonesia. Edisi, Printing 1. Malang: UB Press.
Anwaliya, A. dkk. (2022). Pelatihan Tata Boga Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berwirausaha Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (Bbplk) E-Plus Eksistensi Pendidika Luar Sekolah Universitas Sultan Agung Tirtayasa. Vol. 7 No 1 Hlm. 1-11.
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/15297/8841.
Arif, Al. Rianto, N. (2015). Pengantar Ekonomi Syariah: Teori dan Praktik. Edisi Cetakan 1. Bandung: Pustaka Setia.
Ayuningtyas, Rizki. (2021). Implementasi Program Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Life Skill Siswa Di Sd Islam Sari Bumi Sidoarjo. Digital Library Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsa.ac.id/48602/
Bachtiar. (2020). Desain dan Strategi Pelaksanaan Program Pelatihan untuk Capaian Hasil Maksimal. Journal of Education. Vol. 3 No. 2. https://ummaspul .ejournal.id/ Edupsycouns/ article/view/3028
Bappenas, UNICEF. (2017). Laporan Baseline SDG tentang Anak-Anak di Indonesia. Jakarta: Bappenas dan UNICEF. Dari situs web https://www.unicef.org/ indonesia/media/ 1471/file/SDG%20Baseline%20report%2 0Indonesian.pdf
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Donni Priansa. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Edisi cetakan 1. Bandung: Alfabeta
Endah, N,H. (2018). Metode Pelatihan Training For Trainer PPM Manajemen. Bekasi
Fajriansyah. (2013). Implementasi Pelatihan Keterampilan Dalam Upaya Pemberdayaan masyarakat: Studi Kasus Pelatihan Keterampilan di Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Kota Tangerang. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/ dspace/bitstream/123456789/28374/1/FAJRIANSY AH-FDK.pdf
Gusetyoningsih, R. Astutingisih. (2021). Desain Program Pelatihan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Institutional Repository UIN Satu Tulungagung. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/18957/
Hajra. (2021). Implementasi Pelatihan Keterampilan Tata Kecantikan Kulit Dalam Upaya Menumbuhkan Kemandirian Bagi Warga Belajar di SPNF Kota Samarinda. Skripsi. Universitas Mulawarman.
Hanandito Riswantoro. (2018). Perancangan Prosedur Pengeluaran Kas Pada Mini Market
Syar’e Mart. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10087.
Ikhsan, Laili N. (2017). Implementasi Program Desa Vokasi Berbasis Pelatihan Kewirausahan Tata Boga. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 4 (2), 2017, 133-145. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/8047.
Lestari A. (2017). Manajemen Pembiayaan Terpadu (Studi atas Yayasan Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo Ponorogo). Electronic Theses Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/2552/.
Lestari, A. dkk. (2021). “Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara Di Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Raja Ampat”. Jurnal Faksi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol.05. No. 02. Hal. 11-20. https://ejournal.iyb.ac.id/ index.php/gemakampus/article/view/218.
Rahmi, Yuli. (2023). Penyelenggaraan Pelatihan Tata Boga Pastry Bakery Bagi Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Selili Kota Samarinda. Skripsi. Universitas Mulawarman.
Ramadana, Fitri. (2023). Penyelenggaraan Pelatihan Tata Boga Dalam Meningkatkan Life Skill Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Karang Anyar Kota Samarinda. Skripsi. Universitas Mulawarman.
Ramdhan, Setyadi, Wijaya. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran dan kemiskinan di kota samarinda. Journal Feb Unmul Inovasi. Vol. 13 (1), 2017, 1-18.
https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI/article/view/2434/0
Safitri, A. Waty, K. (2021). Pelaksanaan Pelatihan Jumputan Dalam Mengembangkan Kemampuan Vokasional Pada Warga Belajar Di Pkbm Athree Kota Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM). Volume 8 (2): 103-116. Universitas Sriwijaya. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jppm/article/view/14525
Sakinah, Mar’atus. (2022). Evaluasi Pelatihan Tata Rias Jogja Putri di LKP Dian Family Kota
Samarinda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman
Sandy, Faradila. (2023). Pelaksanaan Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Corel
Draw Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Ghanesa Samarinda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
________.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI
________. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Trihastuti, Annisa Umi. (2022). Membuka Wirausaha Melalui Program Pelatihan Tata Boga Kue Dan Roti (Studi Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Tata Boga Gemilang Di Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis. Universitas Silawangi. http://repositori.unsil.ac.id/5285/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amerta Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.