PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tri Yuliansyah Bintaro Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

pendidikan karakter, kearifan lokal, sekolah dasar, nilai nilai budaya, pembentukan karakter

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian siswa, khususnya di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah dasar, serta mengidentifikasi dampaknya terhadap perkembangan karakter siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus di beberapa sekolah dasar di daerah Jawa Tengah.

Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa, serta observasi langsung kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik untuk menemukan pola-pola penerapan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai kearifan lokal, seperti gotong royong, saling menghormati, dan kejujuran, dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai moral dan sosial. Guru berperan aktif dalam mengembangkan materi pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan budaya setempat, serta melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan praktis yang mendukung penerapan nilai-nilai tersebut.

Temuan ini mengindikasikan bahwa pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dapat menjadi strategi efektif dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Selain itu, dukungan dari seluruh komunitas sekolah, termasuk orang tua, sangat penting untuk keberhasilan implementasi program ini. Penelitian ini menyarankan perlunya pengembangan panduan praktis bagi guru dalam menerapkan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, serta penguatan kerjasama antara sekolah dan masyarakat dalam melestarikan dan mengajarkan nilai-nilai budaya lokal.

Kata kunci:  Pendidikan karakter, Kearifan lokal, Sekolah dasar, Nilai-nilai budaya, Pembentukan karakter, Pembelajaran kontekstual, Gotong royong, Integrasi budaya, Pendidikan moral, Partisipasi komunitas sekolah

References

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Geertz, C. (1973). The Interpretation of Cultures: Selected Essays. Basic Books.

Johnson, D. W. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. Corwin Press.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods. Sage Publications.

Ratna, N. K. (2018). Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 45-58.

Suryadi. (2017). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 112-125.

Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan Budaya dan Kebangsaan: Perspektif Pendidikan Nasional Indonesia. Rineka Cipta.

Tilaar, H. A. R. (2008). Mendidik untuk Memasyarakatkan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Tri Yuliansyah Bintaro. (2022). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR. Amerta Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 49–53. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/amerta/article/view/223