STRATEGI DAKWAH DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT
Keywords:
strategi, dakwah, pengembangan masyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan strategi dakwah dalam pengembangan masyarakat. Sejalan dengan perkembangan zaman yang terus mengalami perkembangan, maka dakwah harus melakukan inovasi dan pembaharuan tiada henti. Hal ini karena, dakwah senantiasa bersentuhan dengan masyarakat yang senantiasa berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui kajian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan/atau mengekplorasi beberapa jurnal, buku, dan dokumen-dokumen yang relevan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perencanaan strategi dalam melakukan aktivitas dakwah menjadi sebuah keharusan untuk hasil yang lebih baik. Bagaimanapun, masyarakat terus mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih. Dengan demikian, strategi dakwah harus terus dievaluasi dan dikembangkan untuk menyesuaikan dengan kehidupan masyarakat, selaku objek dakwah.
References
Aziz, Moh. Ali. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada,
Bachtiar, M. Anis. (2013) Dakwah Kolaboratif: Model Alternatif Komunikasi Islam Kontemporer dalam Jurnal Komunikasi Islam, Volume 3 No. 1.
Basit, Abdul. (2006) Wacana Dakwah Kontemporer .Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Basit, Abdul. (2017). Epistimolodi Dakwah Fardiyah Dalam Perspektif Komunikasi Antarpribadi Jurnal Komunika, Vol.1, No. 1.
Chakim, Sulkan. (2007). Strategi Dakwah dalam Kemajemukan Masyarakat, dalam Jurnal Komunika, volume 1 No. 1.
Hunger, David dan Thomas L. Wheelen. (2011). Manajemen Strategis trj. Julianto A, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Jamilah,, Fitrotin. (2014). Strategi Penyelesaian Sengketa Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
Rif’an, Ali. dkk, (2012). Indonesia Hari Esok. Purwokerto: STAINPress.
Saepul, Asep dan Agus Ahmad. (2003) Metode Penelitian Dakwah, (Bandung: Pustaka Setia.
Supriyadi. (2016). "Community Of Practitioners : Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan dalam Jurnal Lentera Pustaka 2 (2): 2016, 83.
Sutrisno Hadi. (1990). Metodologi Research. Yogyakarta : Fak.Psikologi UGM.
Syukir, Asmuni. (1983). Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Penerbit Al-Ikhlas.
Uswatusoilhah, Uus. (2007). Pendekatan Sistem dalam Mengkaji Dakwah Islam, dalam Jurnal Komunika, Vol.1, No. 1.
