MANAJEMEN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (ADIWIYATA)

Authors

  • Robingaenah IAIN Purwokerto

Keywords:

Manajemen, Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata)

Abstract

UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pada point ke empat dari pasal 65 menyebutkan bahwa setiap orang berhak dan berperan dalam pegelolaan lingkungan hidup. Kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup perlu di tanamkan kepada manusia dan perlu dilakukan sejak dini sehingga tertanam nilai-nilai kecintaan akan lingkungan. Untuk dapat menumbuhkembangkan budaya dan karakter bangsa dengan nilai peduli lingkungan maka sudah seyogyanya sekolah harus mampu mendesain manajemennya sedemikian rupa dengan memperhatikan aspek pendidikan lingkungan sebagai bagian penting dalam program sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen sekolah berbudaya lingkungan yang ddiwujudkan dalam sekolah Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kajian pustaka atau research library. Dengan model penelitian grounded theory menggunakan analisis data deskripsi analisis.Dari penelitian diperoleh hasil bahwa manajemen sekolah berbudaya lingkungan dilaksanakan dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap langkah-langkah menuju sekolah adiwiyata yaitu: 1) Membentuk Tim Sekolah; 2) Kajian Lingkungan; 3) Rencana Aksi; 4) Monitoring dan Evaluasi; 5) Menggunakan data pemantauan untuk mengevaluasi kemajuan; 6) Melibatkan warga sekolah; 7) Melibatkan masyarakat luas. Dengan komponen Adiwiyata yaitu: 1) Kebijakan Berwawasan Lingkungan; 2) Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan; 3) Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif; 4) Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan
Kata Kunci: Manajemen, Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata)

Downloads

Published

2022-04-05

How to Cite

Robingaenah. (2022). MANAJEMEN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (ADIWIYATA). Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 3(1), 35–44. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/30