MANAJEMEN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN (ADIWIYATA)
Keywords:
Manajemen, Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata)Abstract
UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pada point ke empat dari pasal 65 menyebutkan bahwa setiap orang berhak dan berperan dalam pegelolaan lingkungan hidup. Kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup perlu di tanamkan kepada manusia dan perlu dilakukan sejak dini sehingga tertanam nilai-nilai kecintaan akan lingkungan. Untuk dapat menumbuhkembangkan budaya dan karakter bangsa dengan nilai peduli lingkungan maka sudah seyogyanya sekolah harus mampu mendesain manajemennya sedemikian rupa dengan memperhatikan aspek pendidikan lingkungan sebagai bagian penting dalam program sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen sekolah berbudaya lingkungan yang ddiwujudkan dalam sekolah Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kajian pustaka atau research library. Dengan model penelitian grounded theory menggunakan analisis data deskripsi analisis.Dari penelitian diperoleh hasil bahwa manajemen sekolah berbudaya lingkungan dilaksanakan dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap langkah-langkah menuju sekolah adiwiyata yaitu: 1) Membentuk Tim Sekolah; 2) Kajian Lingkungan; 3) Rencana Aksi; 4) Monitoring dan Evaluasi; 5) Menggunakan data pemantauan untuk mengevaluasi kemajuan; 6) Melibatkan warga sekolah; 7) Melibatkan masyarakat luas. Dengan komponen Adiwiyata yaitu: 1) Kebijakan Berwawasan Lingkungan; 2) Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan; 3) Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif; 4) Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan
Kata Kunci: Manajemen, Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Research and Innovation in Social Science Education Journal (RISSEJ) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially