PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA MASJID
Keywords:
masjid, remaja, perilaku, komunikasi, organisasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku prososial pada remaja masjid dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk perilaku prososial yang dimiliki oleh remaja masjid serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Temuan menunjukkan bahwa remaja masjid yang aktif mengikuti kegiatan memiliki perilaku prososial yang ditunjukkan melalui sikap tanggung jawab, tolong-menolong, komunikasi yang baik, sikap saling memberi, serta kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan berinteraksi dengan baik. Sikap tanggung jawab, seperti yang ditunjukkan oleh partisipan yang memegang peran kepemimpinan, mencerminkan dedikasi dalam melaksanakan tugas. Selain itu, sikap tolong-menolong dan saling menghormati dalam organisasi juga menjadi faktor penting yang mendukung terbentuknya perilaku prososial di kalangan remaja masjid.
Kata Kunci : Masjid, Remaja , Perilaku, Komunikasi , Organisasi
References
Afrianti, N., & Anggraeni, D. (2016). Perilaku Prososial Remaja Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islami. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 77–90. https://doi.org/10.29313/tjpi.v5i1.2125
Ariyanto, E. A., Ningrum, F. D. A., & Saragih, S. (2021). Keikutsertaan pada Organisasi Keagamaan dan Empati dengan Perilaku Prososial pada Remaja yang Aktif Dalama Organisasi Keagamaan. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(1), 206. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.2454
Asadulah, A.-F. (2010). Mengelola dan Memakmurkan Masjid. Solo: Pustaka Arafah.
Aslati, A., Silawati, S., Sehani, S., & Nuryanti, N. (2018). Pemberdayaan Remaja Berbasis Masjid (Studi Terhadap Remaja Masjid di Labuh Baru Barat). Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam Dan Pengembangan Masyarakat, 3(2), 1. https://doi.org/10.24014/jmm.v3i2.6353
Ath-Thuri, H. A. (2007). Mendidik Anak Perempuan dimasa remaja. Jakarta: Majalah Al Bayan.
Baron, R., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial, jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Dayaskini, & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
Dayaskini, T. dan H. (2009). Psikologi Sosial. UMM Press.
Grandgirard, J., Poinsot, D., Krespi, L., Nénon, J. P., & Cortesero, A. M. (2002). Costs of secondary parasitism in the facultative hyperparasitoid Pachycrepoideus dubius: Does host size matter? Entomologia Experimentalis et Applicata, 103(3), 239–248. https://doi.org/10.1023/A
Hizbun Al-Faiyadh bin Sulaiman, & Fadhilah. (2022). Peran Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kemakmuran Masjid Sabilil Jannah di Kampung Doy, Banda Aceh. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 46–56. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i1.1005
Matsumoto, D. (2009). The Cambridge Dictionary of Psychology. New York: Cambridge University Pres.
Rosyani, E. (2017). P. konseling teman sebaya terhadap perilaku prososial remaja: penelitian di P. I. (2017). Pengaruh konseling teman sebaya terhadap perilaku prososial remaja: penelitian di Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIKMA) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Doctoral Dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, x(xxxx), 1–20.
Siswanto. (2005). Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Syafri Harahap, S. (2001). Manajemen Masjid Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ummat, Surabaya. Pustaka Quantum Prima.
Widyastuti, Y. (2014). Psikologi Sosial. Graha Ilmu.
Wikhayah, A. (2017). Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Prososial Pada Siswa Smk Moyudan. Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 1–6.
Wrightsman, & Deaux. (1993). Psikologi Sosial (p. Inc). California: Wadswoth
Publishing Company.
Yani, A. (2016). Panduan Memakmurkan Masjid Kajian Prktis Bagi Aktivis
Masjid. Jakarta: LPPD Kahiru Ummah.
Yantiek, E. (2014). Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 22 31.https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.366
Zaini, A. (2016). Manajemen Dakwah Ikatan Remaja Masjid Baiturrohman (Irmaba) Di Desa Pucakwangi Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati.
TADBIR: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 1–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Research and Innovation in Social Science Education Journal (RISSEJ) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially