KONSEP FILSAFAT POSITIVISME PERSPEKTIF AUGUSTE COMTE
Abstract
Jurnal ini membahas konsep filsafat positivisme yang digagas oleh Auguste Comte, seorang filsuf Prancis abad ke-19 yang dianggap sebagai bapak pendiri aliran positivisme. Secara umum, jurnal ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Auguste Comte tentang positivisme serta pengaruhnya terhadap perkembangan epistemologi dan ilmu pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Penulis menggunakan berbagai sumber pustaka yang relevan untuk mendalami pemikiran Auguste Comte seputar positivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inti positivisme versi Comte terletak pada penerapan metode ilmiah dan data empiris sebagai landasan ilmu pengetahuan. Comte juga merumuskan hukum tiga tahap untuk menggambarkan perkembangan pemikiran manusia dari kerangka teologis, metafisis, hingga positif. Selain itu, Comte membagi ilmu pengetahuan ke dalam enam tingkatan berdasarkan kompleksitas objek kajiannya. Kesimpulannya, gagasan Auguste Comte tentang positivisme dan metode ilmiah ternyata memberi pengaruh besar dalam kemajuan berbagai disiplin ilmu, terutama sosiologi dan sains alam. Meski menuai kritik, fondasinya atas data empiris dan verifikasi ilmiah masih relevan hingga saat ini sebagai basis pengetahuan ilmiah kontemporer.
Kata kunci: Konsep, Filsafat, Positivisme, Auguste Comte
References
Apridasari. 2018. Paham Ketuhanan Positivisme Auguste Comte Dalam Perspektif Islam. Jurnal Skripsi. http://repository.radenintan.ac.id/4267/1/SKRIPSI APRIDASARI.pdf.
Arifin, Syamsul. 2020. “Filsafat Positivisme Aguste Comte Dan Relevansinya Dengan Ilmu-Ilmu Keislaman.” Jurnal Interaktif 12 (2): 55–72.
Chabibi, Muhammad. 2019. “Hukum Tiga Tahap Auguste Comte Dan Kontribusinya Terhadap Kajian Sosiologi Dakwah.” NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam 3 (1): 14–26. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i1.1191.
Hasanah, Ulfatun. 2019. “Kontribusi Pemikiran Auguste Comte (Positivisme) Terhadap Dasar Pengembangan Ilmu Dakwah.” Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 2 (2): 70–80.
Mayadah, Ummy. 2020. “Positivisme Auguste Comte” 2 (1): 1–12.
Meikahani, Ranintya, and Fathan Nurcahyo. 2023. “ALIRAN PEMIKIRAN FILSAFAT MODERN (ALIRAN POSITIVISME).” MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga 29 (2): 57–64.
Nugroho, Irham. 2016. “Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistemologis Dan Nilai Etisnya Terhadap Sains.” Cakrawala: Jurnal Studi Islam 11 (2): 167–77. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i2.192.
padang, Rebyency banne. 2023. “Aliran Positivisme Auguste Comte: Hubungannya Dengan Isu Teologi Dan Pengaruhnya Dalam Budaya Kontemporer.” http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/b3df9.
Rijal Wakhid Rizkillah. 2023. “Ontologi Dan Klasifikasi Ilmu” 1 (1): 33–41.
Rosika, Citra, Azmi Fitrisia, and Ofianto Ofianto. 2023. “Analisis Paradigma Filsafat Positivisme.” COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 3 (06): 2464–73.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). 23rd ed. Bandung: ALFABETA.
Surawardi, Surawardi, and Ahmad Riyadh Maulidi. 2022. “Filsafat Positivisme Dan Ilmu Pengetahuan Serta Perannya Terhadap Pendidikan Di Indonesia.” JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan 8 (1): 36. https://doi.org/10.24235/jy.v8i1.9771.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Research and Innovation in Social Science Education Journal (RISSEJ) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially