Manajemen Budaya Pendidikan Karakter Keagamaan Di Lembaga Pendidikan
Keywords:
manajemen, pendidikan karakter, lembaga pendidikanAbstract
Pendidikan karakter merupakan merupakan proses pemberian tuntunan peserta didik agar menjadi
manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa. Peserta didik
diharapkan memiliki karakter yang baik, meliputi kejujuran, tanggung jawab, bersih, cerdas dan sehat,
peduli dan kreatif. Budaya pendidikan karakter keagamaan memiliki makna keseluruhan sistem berpikir,
nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief) dalam rangka proses pemberian tuntunan peserta didik agar
menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter keagamaan dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dan
karsa. Adapun manajemen budaya pendidikan karakter di lembaga pendidikan dilaksanakan mealui
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan meliputi leading, directing dan controlling,
dan evaluasi. Sementara itu, prinsip yang digunakan dalam manajemen pendidikan karakter di lembaga
pendidikan adalah berkelanjutan, melalui semua mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya satuan
pendidikan, nilai tidak diajarkan tapi dikembangkan melalui proses belajar, serta proses pendidikan
dilakukan peserta didik secara aktif dan menyenangkan. Dalam membangun budaya pendidikan karakter
dilakukan melalui Keterlibatan Semua Warga Sekolah dalam Pembelajaran yang Berkarakter dan
Keterlibatan semua warga sekolah dalam perawatan, pemanfaatan, pemeliharaan sarana dan prasarana
serta lingkungan sekolah.
Kata kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Lembaga Pendidikan
References
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. 2011
Desain Induk Pendidikan Karakter Kemdiknas.pdf yang di akses pada Jum’at 08 November 9, 2013
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, “Pendidikan Karakter untuk Membangun Karakter Bangsa”, Policy Brief, , Edisi 4 Juli 2011.
Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ,. Kerangka Acuan Pendidikan Karkater. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. 2010.
Fattah, Nanang. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2013
Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pusat Kurikulum, Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. 2010
Kementrian Pendidikan Nasional Badan Peneitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Karakter Bangsa, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. 2010
Kesuma, Dharma,dkk. Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktikk di Sekolah). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2011
Kompri, Manajemen Pendidikan 1. Bandung: Alfabeta. 2015
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. 2011
Desain Induk Pendidikan Karakter Kemdiknas.pdf yang di akses pada Jum’at 08 November 9, 2013
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, “Pendidikan Karakter untuk Membangun Karakter Bangsa”, Policy Brief, , Edisi 4 Juli 2011.
Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ,. Kerangka Acuan Pendidikan Karkater. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional. 2010.
Fattah, Nanang. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2013
Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pusat Kurikulum, Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. 2010
Kementrian Pendidikan Nasional Badan Peneitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Karakter Bangsa, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. 2010
Kesuma, Dharma,dkk. Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktikk di Sekolah). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2011
Kompri, Manajemen Pendidikan 1. Bandung: Alfabeta. 2015
Machali, Imam dan Muhajir, Pendidikan Karakter, Pengalaman Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah ( Yogyakarta:Tim Penelitian Program DPP Bidang Bakat Minat & Keterampilan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2011.
Manullang, Belferik, Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045, Universitas Negeri Medan, Tahun III, Nomor 1, Februari 2013.
Mulyasa, E., Manajemen Pendidikan Karaker. Jakarta: Bumi Aksara. 2012
Nashir, Haedar, Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan. Multi Perindo: Yogyakarta. 2013
Samani, Muchlas, dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karkakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2004
Tim Penyusun, Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
“Transformasi Idealisme, Memutus Rantai Plagiarisme ”Buletin Quantum,Edisi VII, 20 September 2012
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2011
Wiyani, Novan Ardy. Manajemen Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Pedagogia: Yogyakarta, 2012.
Wibowo, Agus. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Research and Innovation in Social Science Education Journal (RISSEJ) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially