Model Pembelajaran Pai Integratif
Keywords:
Model Pembelajaran, PAI, IntegratifAbstract
Secara umum, pendidikan Agama Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk mencapai tujuan tersebut proses pembelajaran harus sesuai dengan apa yang anak butuhkan. Maka para guru harus memilih dan memilah model pembelajaran yang tepat untuk anak didiknya. Dalam pembelajaran PAI, aspek kognitif, afektif dan psikomotor harus dikembangkan, supaya output dari proses pembelajaran benar-benar menguasai materi dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari hari. Selain integrasi dari ketiga ranah di atas, pembelajaran PAI yang terpadu dapat diterapkan dengan beberapa model, diantaranya pertama, model connected (terhubung) yaitu pembelajaran terpadu yang menghubungkan atau mengkaitkan antara topik atau konsep atau skill yang satu dengan yang lainnya, penghubung ini hanya dapat dilakukan dalam satu bidang studi dan tidak dapat dihubungkan dengan mata pelajaran yang lain. Kedua, Model Sequenced (berurutan) yaitu model pembelajaran yang memadukan melalui urutan topik atau konsep pada masing-masing materi pelajaran yang akan dihubungkan berdasarkan kesamaan ide atau konsep tersebut kemudian disajikan dengan secara paralel atau berbarengan dalam waktu yang sama. Ketiga, Model Integrated, yaitu model perpaduan antar bidang studi/mata pelajaran berbasis pada tema yang dikaji dalam berbagai aspek.
Kata kunci: Model Pembelajaran, PAI, Integratif
References
Amin Abdullah, Problem Epistemologis- Metodologis Pendidikan Islam, dalam Abdul Munir Mulkhan, et.al, Religiustitas Iptek, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998
Azumardi Azra, Agama dan Pemberantasan Korupsi, Kompas, September 2003
Harun Nasution, Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran, Bandung: Mizan, 1995
Komarudin Hidayat, Memetakan Kembali Struktur Keilmuan Islam (Pengantar), dalam Fuaduddin & Cik Hasan Bisri (ed), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi; Wacana Tentang Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Logos, 1999
M. Maftuh Basyuni, Pendidikan Agama Belum Capai Tujuan, dalam Tempo, 24 November 2004.
Muhaimin et.al, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001
Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012
Muhammad Irsyad, Reformulasi Tujuan Pendidikan (Analis terhadap taksonomi Bloom), Purwokerto: Jurnal INSANIA
STAIN Purwokerto, No, 14 Tahun VI, Februari-April 2001
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1991
Rusman, Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bermasis Integrasi dan Kompetensi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20/2003, Bandung: Citra Umbara, 2003
Zuhairini, dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Research and Innovation in Social Science Education Journal (RISSEJ) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially