Model Pembelajaran Pai Integratif

Authors

  • Priyanto Smp N 3 Mrebet

Keywords:

Model Pembelajaran, PAI, Integratif

Abstract

Secara umum, pendidikan Agama Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk mencapai tujuan tersebut proses pembelajaran harus sesuai dengan apa yang anak butuhkan. Maka para guru harus memilih dan memilah model pembelajaran yang tepat untuk anak didiknya. Dalam pembelajaran PAI, aspek kognitif, afektif dan psikomotor harus dikembangkan, supaya output dari proses pembelajaran benar-benar menguasai materi dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari hari. Selain integrasi dari ketiga ranah di atas, pembelajaran PAI yang terpadu dapat diterapkan dengan beberapa model, diantaranya pertama, model connected (terhubung) yaitu pembelajaran terpadu yang menghubungkan atau mengkaitkan antara topik atau konsep atau skill yang satu dengan yang lainnya, penghubung ini hanya dapat dilakukan dalam satu bidang studi dan tidak dapat dihubungkan dengan mata pelajaran yang lain. Kedua, Model Sequenced (berurutan) yaitu model pembelajaran yang memadukan melalui urutan topik atau konsep pada masing-masing materi pelajaran yang akan dihubungkan berdasarkan kesamaan ide atau konsep tersebut kemudian disajikan dengan secara paralel atau berbarengan dalam waktu yang sama. Ketiga, Model Integrated, yaitu model perpaduan antar bidang studi/mata pelajaran berbasis pada tema yang dikaji dalam berbagai aspek.

Kata kunci: Model Pembelajaran, PAI, Integratif

References

Amin Abdullah, Problem Epistemologis- Metodologis Pendidikan Islam, dalam Abdul Munir Mulkhan, et.al, Religiustitas Iptek, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998

Azumardi Azra, Agama dan Pemberantasan Korupsi, Kompas, September 2003

Harun Nasution, Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran, Bandung: Mizan, 1995

Komarudin Hidayat, Memetakan Kembali Struktur Keilmuan Islam (Pengantar), dalam Fuaduddin & Cik Hasan Bisri (ed), Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi; Wacana Tentang Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Logos, 1999

M. Maftuh Basyuni, Pendidikan Agama Belum Capai Tujuan, dalam Tempo, 24 November 2004.

Muhaimin et.al, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012

Muhammad Irsyad, Reformulasi Tujuan Pendidikan (Analis terhadap taksonomi Bloom), Purwokerto: Jurnal INSANIA

STAIN Purwokerto, No, 14 Tahun VI, Februari-April 2001

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1991

Rusman, Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bermasis Integrasi dan Kompetensi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20/2003, Bandung: Citra Umbara, 2003

Zuhairini, dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983

Downloads

Published

2020-10-15

How to Cite

Priyanto. (2020). Model Pembelajaran Pai Integratif. Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 5(3), 10–18. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/192