Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Nilai – Nilai Islami
Abstract
Pola Pendidikan karakter berbasis Islami di TK Aisyiyah Kab. Tegal adalah subjek dari artikel ini. Pendidikan karakter sejak anak usia dini merupakan hal yang sangat penting generasi yang yang tidak sekedar cerdar, pintar, tetapi juga harus memiliki akhlak moral yang baik dalam menghadapi tantangan di masa depan. Pendidikan di TK Aisyiyah Kab. Tegal melalui tahap awal perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pembinaan. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana siswa di TK Aisyiyah Kabupaten Tegal diajarkan pola karakter pendidikan dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat meningkatkan pendidikan karakter observasi dilakukan selama enam bulan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini dilakukan terhadap data dengan melalui tahapan reduksi penelitian, penyajian penelitian, dan Menarik kesimpulan
Kata kunci: Pendidikan, Karakter, Usia Dini, Islami
The pattern of Islamic-based character education in Aisyiyah Kindergarten, Tegal Regency is the subject of this article. Character education since early childhood is very important for a generation that is not just smart, smart, but also must have good moral character in facing future challenges. Education in Aisyiyah Kindergarten Tegal Regency goes through the initial stages of planning, implementation, monitoring and coaching. This descriptive research aims to find out more about how students in Aisyiyah Kindergarten Tegal Regency are taught educational character patterns and how these values can improve character education. Observations were conducted for six months to collect data for this study. The data were conducted through the stages of research reduction, research presentation, and drawing conclusions.
Keywords: Education, Character, Early Age, Islamic
References
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna S. 2009. Handbook Of Qualitative Research. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.
Knight, G.R. 1982. Issue and Alternativesen Educational Philosophy. Michigan: Andrews University Press
Lickona,, Thomas Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, (New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books, 1991),h. 51.
Moleong, Lexy J. 2004,2013. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2009,2013,2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Creswell, J.W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang – Undang No 20 Sisdiknas Tahun 2003
Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.