ANALISIS DAMPAK MEDIA DIGITAL TERHADAP POLA KONSUMSI BERITA GENERASI MILENIAL DI INDONESIA

Authors

  • Tegar Roli Anugrafianto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

media digital, generasi milenial, indonesia, pola konsumsi berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak media digital terhadap pola konsumsi berita di kalangan generasi milenial di Indonesia. Generasi milenial, yang dikenal sebagai digital natives, menunjukkan pergeseran signifikan dalam cara mereka mengakses dan mengkonsumsi berita dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital, terutama platform media sosial dan portal berita online, menjadi sumber utama berita bagi generasi milenial. Faktor-faktor seperti kemudahan akses, kecepatan penyebaran informasi, dan interaktivitas konten berita menjadi alasan utama preferensi ini. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa media digital juga mempengaruhi tingkat kepercayaan dan keterlibatan generasi milenial terhadap berita yang mereka konsumsi.

Analisis menunjukkan adanya kecenderungan konsumsi berita yang bersifat selektif dan personalisasi, di mana algoritma media sosial memainkan peran penting dalam menentukan jenis berita yang diterima oleh pengguna. Dampak dari pola konsumsi ini termasuk peningkatan fragmentasi informasi dan risiko paparan terhadap berita palsu atau hoaks.

Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi para praktisi media dan pembuat kebijakan untuk memahami dinamika konsumsi berita di era digital dan implikasinya terhadap literasi media serta demokrasi di Indonesia. Rekomendasi strategi untuk meningkatkan literasi digital dan memperkuat kepercayaan terhadap sumber berita yang kredibel juga disampaikan sebagai bagian dari kontribusi penelitian ini.

Kata kunci:

Media digital, pola konsumsi berita, generasi milenial, Indonesia, media sosial, portal berita online, kepercayaan berita, literasi media, fragmentasi informasi, berita palsu, hoaks.

References

Berger, Arthur Asa, (2010), Pengantar Semiotika Tanda-Tanda DalamKebudayaan Kontemporer, Yogyakarta, Tiara Wacana.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, danDiskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana, Jakarta.

Castells, M. (2010). The Power of Identity: The Information Age: Economy, Society, and Culture (Vol. II). John Wiley & Sons.

Desyana, Cornila. (2015). Path Klaim Paling Banyak Pengguna diIndonesia.http://www.tempo. co/read/news/2014/02/24/061556984/PathKlaim-Paling-Banyak-Pengguna-di-Indonesia, Diakses tanggal11 Maret 2015.

Flew, Terry. (2004). New Media. Australia, Oxford.

Griffin, E.M. (2003). A First Look at Communication Theory 5th Edition.McGraw Hill, New York.

Gudykunst, William B dan Bella Mody, (2002). Handbook of Internationaland Intercultural Communication 2nd Edition, United States ofAmerika, Sage.

Ibrahim, Idi Subandy. (1997). Lifestyle Ecstasy: Kebudayaan Pop dalamMasyarakat Komoditas Indonesia. Yogyakarta, Jalasutra.

McCombs, M., & Shaw, D. L. (1972). The Agenda-Setting Function of Mass Media. Public Opinion Quarterly, 36(2), 176–187. https://doi.org/10.1086/267990

Ofcom. (2021). News Consumption in the UK: 2021 Report. Retrieved from https://www.ofcom.org.uk/research-and-data/media-literacy-research/news-consumption/news-consumption-2021-report

Pew Research Center. (2021). News Use Across Social Media Platforms in 2021. Retrieved from https://www.pewresearch.org/journalism/2021/01/12/news-use-across-social-media-platforms-in-2021/

Ward, S. (2020). Fake News. In J. D. Wright (Ed.), International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (2nd ed., pp. 498–504). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-102295-5.10736-3

Webster, J. G. (2014). The Marketplace of Attention: How Audiences Take Shape in a Digital Age. MIT Press.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Tegar Roli Anugrafianto. (2023). ANALISIS DAMPAK MEDIA DIGITAL TERHADAP POLA KONSUMSI BERITA GENERASI MILENIAL DI INDONESIA. Amerta Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(3), 21–25. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/amerta/article/view/222