INOVASI DIGITAL UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI
Keywords:
bahasa, inovasi digital, pendidikan usia diniAbstract
Penelitian ini membahas inovasi digital yang dapat digunakan untuk membangun keterampilan bahasa pada anak usia dini dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi di abad 21 semakin pesat dalam perkembangan zaman era digital saat ini, integrasi teknologi menjadi salah satu pendekatan yang menarik untuk memperkaya pembelajaran bahasa pada anak usia dini. Pendekatan digital yang inovatif memainkan peran penting dalam meningkatkan keterampilan bahasa di anak usia dini. Penelitian menyoroti efektivitas membaca buku cerita digital, terutama bila dilakukan secara dialogis, dalam mendorong perkembangan bahasa anak-anak. Intervensi menggunakan web kata dan perangkat seluler telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam meningkatkan kosakata, perilaku, dan kesejahteraan pada anak-anak dengan gangguan bahasa. Berbagai aplikasi dan platform digital telah dirancang khusus untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa pada anak usia dini. Melalui penggunaan permainan edukatif, aplikasi belajar membaca, dan konten multimedia interaktif, anak-anak dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran bahasa. Pendekatan ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar mereka, tetapi juga meningkatkan motivasi dan minat mereka terhadap bahasa. Selain itu, pengajaran bahasa yang dibantu seluler melalui teknologi terpilih telah ditemukan untuk secara signifikan meningkatkan kompetensi linguistik pada siswa pendidikan dasar. Selain itu, teknologi dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan bahasa dan pengenalan angka di anak usia dini, menekankan pentingnya kegiatan seperti mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dengan alat digital. Temuan ini secara kolektif menggaris bawahi potensi inovasi digital dalam memelihara kemampuan bahasa.
Kata Kunci : Bahasa , Inovasi Digital, Pendidikan Usia Dini
References
Ahmad, Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
Amalia, E. R., & Hasana. (2020). Mengasah Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi. Jurnal Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, 11(1).
Anderson, D. R., & Subrahmanyam, K. (2017). Digital Screen Media and Cognitive Development. Pediatrics, 140(November 2017), S57–S61.
Daryanto & Karim, S., 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Elsevier, (January).
Gjelaj, M., Buza, K., Shatri, K., & Zabeli, N. (2020). Digital technologies in early childhood: Attitudes and practices of parents and teachers in Kosovo. International Journal of Instruction, 13(1), 165–184.
Kurniasih, E. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91.
Kusel, J., Martin, F., & Markic, S. (2020). University Students’ Readiness for Using Digital Media and Online Learning—Comparison between Germany and the USA. Education Sciences, 10(11), 1–15.
Lin, M., & Chen, H. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 8223(7), 3553–3564.
Manesis, D. (2020). Digital Games in Primary Education. Game Design and Intelligent Interaction, 1–14.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 71.
Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2019). HOTS profile of physics education students in STEM-based classes using PhET media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, p. 32021). IOP Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amerta Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.