Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C Di Lembaga Permasyarakatan Di Samarinda

Authors

  • Yolanda Dwi Ertanti Universitas Mulawarman
  • Hepy Tri Winarti Universitas Mulawarman
  • Sri Wahyuni Universitas Mulawarman

Keywords:

Peran Tutor, Motivasi Belajar, Pendidikan Kesetaraan.

Abstract

Non-formal education is essentially organized based on the educational needs within the community itself. This study aims to describe the "Role of Tutors in Enhancing Learning Motivation in the Equivalent Package C Program at Class II A Correctional Facility in PKBM Mahakam Jaya, Samarinda City." The research subjects were obtained from data collection through interviews, observations, and documentation. This study uses a descriptive research method with a qualitative approach. Meanwhile, the data analysis technique in this study uses data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results show that: 1) The role of tutors as informants in the implementation of the equivalent education program package C at PKBM Mahakam Jaya for inmates has fulfilled the role as informants in providing information. 2) The role of tutors as motivators in the implementation of the equivalent education program package C at PKBM Mahakam Jaya for inmates has fulfilled the role as motivators in providing motivation. 3) The role of tutors as evaluators in the implementation of the equivalent education program package C at PKBM Mahakam Jaya for inmates has fulfilled the role as evaluators in providing evaluation. 4) The role of tutors as facilitators in the implementation of the equivalent education program package C at PKBM Mahakam Jaya for inmates has fulfilled the role as facilitators in providing comfortable facilities.

Keywords:Tutor Role, Asking to Read, Equal Education.

Pendidikan nonformal adalah sejatinya terselenggara atas dasar kebutuhan pendidikan yang ada pada masyarakat itu sendiri,Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “Peran Tutor dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Di PKBM Mahakam Jaya Kota Samarinda . Subjek Penelitian ini didapat dari hasil pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran tutor sebagai informator dalam pelaksanaan pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Mahakam Jaya bagi Warga Binaan telah memenuhi peran sebagai informator dalam memberikan informasi. 2) Peran tutor sebagai motivator dalam pelaksanaan pembelajaran program Pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Mahakam Jaya bagi Warga Binaan telah memenuhi peran sebagai motivator dalam memberikan motivasi. 3). Peran tutor sebagai evaluator dalam pelaksanaan pembelajaran program Pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Mahakam Jaya bagi Warga Binaan telah memenuhi peran sebagai evaluator dalam memberikan evaluasi. 4) ) Peran tutor sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pembelajaran program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Mahakam Jaya bagi Warga Binaan telah memenuhi peran sebagai fasilitator dalam memberikan fasilitas yang nyaman.

Kata Kunci: Peran Tutor, Motivasi Belajar, Pendidikan Kesetaraan

References

Adhimah, S. (2020) Peran Orang Tua Dalam menghilangkan Rasa Canggung anak usia dini (Studi Kasus di Desa Karangbong Rt. 06 RW. 02 Gedangan-Sidoarjo), Jurnal Pendidikan Anak.

Ananda, T.A. and Shofwan, I. (2023) Peran tutor Dalam Layanan Pembelajaran komputer di Lembaga kursus pelatihan elmuna klirong kebumen, Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah.

Anjeli, D. (2022) Review jurnal Sistem Informasi perpustakaan sekolah dasar negeri 49 oku menggunakan embarcadero XE2 berbasis client server, LPPM Universitas Mahakarya Asia.

Brawijaya Universitas Negeri Surabaya Soedjarwo Soedjarwo Universitas Negeri Surabaya, K.S. sukma (2022) The Journal of Universitas Negeri Surabaya.

Hidayah, N. (2020) Program evaluation of community learning center on context community

Laila, D.A. Salahudin, S. (2021) Pemberdayaan Masyarakat Indonesia melalui pendidikan nonformal: Sebuah Kajian Pustaka, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi.

Laka, B.M., Burdam, J. and Kafiar, E. (2020) Role of parents in improving geography learning motivation in Immanuel Agung Samofa HighSchool, Jurnal Inovasi Penelitian.

Mulyana (2018) Bab III metode Penelitian Kualitatif Deskriptif.

Nurzannah,S.(2022) (PDF ) Peran guru Dalam Pembelajaran Researchgate, Peran Guru Dalam Pembelajaran.

Nurdianah, A.S. (2022) Peran tutor Kejar Paket C Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga UNM. Sulistiani, D.C. (2021) Peran tutor Dalam Menumbuhkan motivasi Belajar Bagi Warga Belajar paket. Widodo (2022) Peran tutor Dalam Pembelajaran virtual Pada Pendidikan kesetaraan paket.

Yeni, D.F. (2022) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar smp N 1 X Koto Diatas

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Yolanda Dwi Ertanti, Winarti , H. T. ., & Wahyuni, S. W. (2024). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C Di Lembaga Permasyarakatan Di Samarinda. Amerta Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 66–71. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/amerta/article/view/200