Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Atau Project Base Learning (PJBL) Melalui Poster Kreatif Dalam Pembelajaran Daring Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Poster Kreatif, Komunikasi IlmiahAbstract
Kurikulum saat ini dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered learning), sesuai dengan paradigma pembelajaran abad 21 yang menekankan kepada peserta didik untuk memiliki kecakapan berpikir dan belajar (thinking and learning skill). Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimanakah tahap penerapan model pembelajaran berbasis proyek atau project base learning (PjBL) melalui poster kreatif dalam pembelajaran daring materi pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah, serta mengetahui bagaimana penilaian hasil belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek atau project base learning (PjBL) melalui poster kreatif dalam pembelajaran daring materi pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka. Hasil yang diperoleh menemukan bahwa tahap penerapan model pembelajaran berbasis proyek atau project base learning (PjBL) melalui poster kreatif dalam pembelajaran daring materi pemanasan global meliputi guru memaparkan topik, tujuan, motivasi, kompetensi yang akan dicapai dan mengajukan permasalahan; peserta didik mengidentifikasi permasalahan; kelompok membuat perencanaan proyek, kelompok membuat proyek, guru memfasilitasi pameran, guru melakukan penilaian dan evaluasi program. Penilaian hasil belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek atau project base learning (PjBL) melalui poster kreatif dalam pembelajaran daring materi pemanasan global meliputi: penilaian kompetensi pengetahuan melalui teknik tes berbentuk pilihan ganda; penilaian kompetensi keterampilan komunikasi ilmiah melalui teknik portofolio.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Poster Kreatif, Komunikasi Ilmiah
References
Arsyad. Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Asmi, Sitti, Muhammad Hasan, and Rini Safitri. "Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan keterampilan proses." Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) 5.1 (2017): 20-26.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Model-model Pembelajaran. Penerbit: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Djamarah, S. B dan Zain, A. (2010) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Levy, O. S., B. Eylon, & Z. Scherz. 2008. Teaching Communication Skills in Science : Tracing Teacher Change. Teaching ang Teacher Education, 24 : 402-477
Lunenburg, F.C., 2010, Communication: The Process, Barriers, and Improving Effectiveness. Schooling, Vol 1, No 10, Hal 1-11.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rudi Susilana dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Scot, S. (2008). Perception of Students Learning Critical Thinking through Debate in a Technology Classroom: A Case Study. The Journal of Technology Studies.
Spektor-Levy, Bat-Sheva Eylon and Zahara Scherz. Teaching Scientific Communication Skills in Science Studies: Does it Make a Difference? Received: 14 September 2007; Accepted: 13 January 2009
Sri Anitah. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amerta Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.