Perencanaan Strategis & Operasional Pendidikan (Konsep, Aplikasi dan Contoh)
Keywords:
perencanaan, pendidikanAbstract
Pada bab pertama buku ini membahas tentang isu strategis pendidikan yang disinyalir telah tertinggal jauh oleh laju kemajuan zaman. Tulisan ini menawarkan suatu perubahan mendasar dalam manajemen pendidikan yang salah satu fungsi utamanya yang terpenting adalah perencanaan pendidikan. Bab kedua berisi konsep-konsep dan prinsip-prinsip perencanaan pendidikan serta unsur-unsur dan syarat-syarat perencanaan pendidikan yang baik. Mudah-mudahan dengan konsep-konsep yang ditawarkan dapat mempermudah pemahaman pembaca dan dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada para pimpinan lembaga pendidikan agar dapat lebih mudah mengaplikasikan prinsip-prinsip umum perencanaan pendidikan. Bab ketiga dan keempat berisi konsep dan cara membuat Renstra dan Renop yang sangat diperlukan oleh organisasi baik organisasi privat maupun organisasi non-privat. Sejalan dengan perkembangan kebijakan nasional, setiap organisasi termasuk sekolah diwajibkan untuk memiliki Renstra dan Renop untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh organisasi tersebut. Pada bab kelima merupakan perencanaan pengembangan sekolah yang dapat dipandang sebagai pedoman (contoh) untuk membuat pengembangan perencanaan pendidikan melalui RPS. Contoh ini sangat penting bagi sekolah-sekolah dari jenjang sekolah dasar sampai ke sekolah menengah, serta dapat pula diadopsi untuk refrensi membuat Renstra dan Renop di Perguruan tinggi. Contoh ini merupakan best practice di SMAN 4 Praya yang telah membuat RPS yang menjadikan sekolah ini maju dengan pesat dan dalam usia 3 tahun waktu itu mampu menjadi sekolah dengan akreditasi A mengalahkan sekolah-sekolah lain yang telah berusia puluhan tahun di Lombok Tengah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.