Strategi Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Melalui Pendekatan Tematik
DOI:
https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i3.328Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab di Madrasah Aliyah melalui pendekatan tematik. Keterampilan membaca merupakan salah satu kompetensi dasar yang penting dalam pembelajaran bahasa Arab, yang memerlukan metode pengajaran yang efektif dan inovatif. Pendekatan tematik, yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dan kompetensi dalam satu tema, diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar membaca. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research) untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur, termasuk buku, artikel jurnal, dan penelitian sebelumnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan tematik dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa secara signifikan, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan kontekstual. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah.
Kata kunci: strategi, keterampilan membaca, bahasa arab, pendekatan tematik
This research aims to identify and analyze strategies for improving Arabic reading skills in Madrasah Aliyah through a thematic approach. Reading skills are one of the basic competencies that are important in learning Arabic, which requires effective and innovative teaching methods. The thematic approach, which integrates various subjects and competencies in one theme, is expected to increase students' interest and motivation in learning to read. This research uses library research methods to collect data from various literature sources, including books, journal articles and relevant previous research. The research results show that applying a thematic approach in learning Arabic can significantly improve students' reading skills, as well as provide a more meaningful and contextual learning experience. It is hoped that these findings can contribute to the development of Arabic language learning strategies at Madrasah Aliyah.
Key words: strategy, reading skills, Arabic, thematic approach
References
Anderson, N. J. (2003). Scaffolding Reading Experiences: Designs for Student Success. Heinemann.
Bruner, J. S. (1960). The Process of Education. Harvard University Press.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Fahrur Rosikh dan Nashihin. (2020). Pengajaran Keterampilan Membaca Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah; Permasalahan Dan Alternatif Pemecahannya Ummul Qura : Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan Volume 15, Nomor 01.
Maimunsyah. (2021). Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Serambi Konstruktivis. Volume 3, No.2.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2020). Penerapan Pendekatan Tematik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah: Studi Efektivitas dan Implikasinya. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 45-56.
Nurdin, A. (2021). Kendala dalam Penggunaan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Tematik di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 103-117.
Shanahan, T., & Shanahan, C. (2008). Teaching Disciplinary Literacy to Adolescents: Rethinking Content Area Literacy. Harvard Educational Review.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syaifulloh, A. (2019). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pendekatan Tematik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 11(2), 78-89.
Tomlinson, C. A. (2011). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. ASCD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ulul Albab

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang karyanya diterbitkan dalam Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan wajib menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak Cipta dan Lisensi:
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya.
- Penulis memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal.
- Karya yang diterbitkan dilisensikan di bawah a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan pihak lain untuk berbagi karya dengan mengakui kepenulisan dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Distribusi Non-Eksklusif:
- Penulis diizinkan untuk membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan.
- Contoh distribusi non-eksklusif:
- Menyimpan karya di repositori institusional.
- Menerbitkan karya dalam buku.
- Dalam setiap bentuk distribusi non-eksklusif, pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini wajib dicantumkan.
3. Publikasi Online:
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online sebelum dan selama proses penyerahan.
- Contoh platform publikasi online:
- Repositori institusional.
- Situs web pribadi.
- Publikasi online karya sebelum dan selama proses penyerahan diharapkan dapat:
- Meningkatkan pertukaran informasi yang produktif.
- Meningkatkan kutipan dan jangkauan karya yang diterbitkan.