Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menumbuhkan Minat Siswa Terhadap Matematika Di Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i3.326Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membuka peluang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan berbagai jenis media, seperti video pembelajaran, perangkat lunak interaktif, dan aplikasi berbasis web, terhadap minat, perhatian, dan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan jenis library research yang mengumpulkan data dari berbagai sumber tertulis untuk memahami penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran matematika. Menurut Zed, metode pustaka memungkinkan peneliti menggali informasi dari literatur yang relevan, seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah Penerapan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu peserta didik. Dengan demikian, bagi para pendidik untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar di madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.
Kata kunci: media pembelajaran, berbasis TIK, matematika, minat siswa
The development of information and communication technology (ICT) has opened up significant opportunities in the use of learning media, especially in the context of mathematics learning. This research aims to analyze the impact of using various types of media, such as learning videos, interactive software, and web-based applications, on students' interest, attention, and motivation. This research is a type of library research that collects data from various written sources to understand the use of technology-based learning media in mathematics learning. According to Zed, the library method allows researchers to dig up information from relevant literature, such as journals, books and scientific articles. The application of information and communication technology-based media allows learning to be more flexible and can be adapted to the individual needs of students. Thus, educators can utilize technology in learning to increase the effectiveness and efficiency of the teaching and learning process in madrasas or other educational institutions.
Keywords: learning media, ICT-based, mathematics, student interests
References
Arifin, Z. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 150-160.
Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Gava Media.
Fahmi, M. (2018). Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1), 45-52.
Habiba Ulfahyana dan Herwandi. (2024) Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika: Literature Review. Prisma Vol. 3 No. 1,:39-52
Hamzah, A., & Jalaludin, I. (2020). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 99-110.
Hidayat, F., & Sahid, M. (2019). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 112-121.
Husain, S. (2015). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Rajawali Press.
Islami, M., & Dewi, S. (2019). Pengaruh Konteks Nilai Agama dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah. Journal of Islamic Education, 6(2), 102-115.
Mayer, R. E. (2014). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Mustafa, R. (2019). Perbandingan Capaian Akademis Siswa Madrasah dan Sekolah Umum pada Mata Pelajaran Matematika. Educational Research Journal, 9(3), 56-65.
Prensky, M. (2001). Digital Game-Based Learning. McGraw-Hill.
Rahman, M. (2019). Peran Guru dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islami. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 11(1), 134-145.
Rahmawati, S. (2021). Motivasi Belajar Matematika melalui Pendekatan Keislaman di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 75-85.
Riyadi, I. (2018). Efektivitas Peran Guru sebagai Pembimbing Spiritual dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 78-90.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Pearson.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Hajar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang karyanya diterbitkan dalam Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan wajib menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak Cipta dan Lisensi:
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya.
- Penulis memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal.
- Karya yang diterbitkan dilisensikan di bawah a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan pihak lain untuk berbagi karya dengan mengakui kepenulisan dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Distribusi Non-Eksklusif:
- Penulis diizinkan untuk membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan.
- Contoh distribusi non-eksklusif:
- Menyimpan karya di repositori institusional.
- Menerbitkan karya dalam buku.
- Dalam setiap bentuk distribusi non-eksklusif, pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini wajib dicantumkan.
3. Publikasi Online:
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online sebelum dan selama proses penyerahan.
- Contoh platform publikasi online:
- Repositori institusional.
- Situs web pribadi.
- Publikasi online karya sebelum dan selama proses penyerahan diharapkan dapat:
- Meningkatkan pertukaran informasi yang produktif.
- Meningkatkan kutipan dan jangkauan karya yang diterbitkan.