PERKEMBANGAN ANAK DALAM TINJAUAN PSIKOLOGI DAN ISLAM

Authors

  • Muhammad Bastian P Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Erika Dian Intara Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dinar Prabowo Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Meilia Robikhatur Rizqi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dian Irmayanti Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

Perkembangan, Anak, Psikologi, Islam

Abstract

Perkembangan anak adalah suatu proses perubahan atau perkembangan pada diri anak dari waktu ke waktu dan yang terjadi pada berbagai aspek yang meliputi aspek kognitif, motorik, fisik, bahasa, dan psikoseksual. Jurnal literatur ini menjelajahi perkembangan anak sebagai fenomena multidimensional melalui lensa dua disiplin ilmu, yaitu psikologi dan Islam. Penelitian ini menggunakan metode literatur review, yaitu mencari kajian literatur ilmiah yang kemudian di review. Landasan teoritis mencakup teori-teori psikologi perkembangan kognitif dan sosial, sementara perspektif Islam memberikan dimensi nilai-nilai, moralitas, dan tarbiyah dalam konteks perkembangan anak. Kesimpulan menekankan perlunya integrasi nilai-nilai keislaman dengan temuan psikologi untuk memberikan pandangan holistik dan kaya terhadap perkembangan anak. Implikasi penelitian ini melibatkan potensi pengembangan pendekatan interdisipliner yang lebih efektif dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, menggabungkan warisan ilmiah dan nilai-nilai keislaman.

Kata kunci: Perkembangan, Anak, Psikologi, Islam

References

Hanafi, I. (2018). Perkembangan manusia dalam tinjauan psikologi dan al-quran. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 84–99.

Hurlock, E. B. (1980). Developmental psychology: A life span approach (Fifth Ed.). Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.

Istati, M. (2016). Perkembangan Psikologi Anak Di Kelas IV SD Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Tabiyah Islamiyah, 6(2), 1–7.

Jannah, M. (2016). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(April), 243–256.

Khusni, M. F. (2018). Fase perkembangan anak dan pola pembinaannya dalam perspektif islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 361–382.

Mukhlis. (2022). Fase-fase perkembamgan manusia dalam islam dan relebansinya terhadap pemikiran Muhammad Izzuddin Taufiq. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 184–195.

Ratnawulan, T. (2018). Perkembangan dan tahapan penting dalam perkembangan. Inclusive: Journal of Special Education, IV(1), 65–74.

Samsudin, M., Jalil, M. A., & Mudiono. (2016). Perspektif Islam tentang Perkembangan Psikologi Manusia dan Tugas-Tugasnya. Jurnal Al-Ashriyyah, 2(1), 43–64.

Sukatin, Mutaqin, Astuti, Widyaningsih, & Putri. (2023). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 186–194.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

P, M. B. P., Intara, E. D. ., Prabowo , D. ., Rizqi , M. R. ., & Irmayanti , D. . (2022). PERKEMBANGAN ANAK DALAM TINJAUAN PSIKOLOGI DAN ISLAM. Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 7(2), 47–51. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/289