PERKEMBANGAN ANAK DALAM TINJAUAN PSIKOLOGI DAN ISLAM
Keywords:
Perkembangan, Anak, Psikologi, IslamAbstract
Perkembangan anak adalah suatu proses perubahan atau perkembangan pada diri anak dari waktu ke waktu dan yang terjadi pada berbagai aspek yang meliputi aspek kognitif, motorik, fisik, bahasa, dan psikoseksual. Jurnal literatur ini menjelajahi perkembangan anak sebagai fenomena multidimensional melalui lensa dua disiplin ilmu, yaitu psikologi dan Islam. Penelitian ini menggunakan metode literatur review, yaitu mencari kajian literatur ilmiah yang kemudian di review. Landasan teoritis mencakup teori-teori psikologi perkembangan kognitif dan sosial, sementara perspektif Islam memberikan dimensi nilai-nilai, moralitas, dan tarbiyah dalam konteks perkembangan anak. Kesimpulan menekankan perlunya integrasi nilai-nilai keislaman dengan temuan psikologi untuk memberikan pandangan holistik dan kaya terhadap perkembangan anak. Implikasi penelitian ini melibatkan potensi pengembangan pendekatan interdisipliner yang lebih efektif dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, menggabungkan warisan ilmiah dan nilai-nilai keislaman.
Kata kunci: Perkembangan, Anak, Psikologi, Islam
References
Hanafi, I. (2018). Perkembangan manusia dalam tinjauan psikologi dan al-quran. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 84–99.
Hurlock, E. B. (1980). Developmental psychology: A life span approach (Fifth Ed.). Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.
Istati, M. (2016). Perkembangan Psikologi Anak Di Kelas IV SD Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Tabiyah Islamiyah, 6(2), 1–7.
Jannah, M. (2016). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(April), 243–256.
Khusni, M. F. (2018). Fase perkembangan anak dan pola pembinaannya dalam perspektif islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 361–382.
Mukhlis. (2022). Fase-fase perkembamgan manusia dalam islam dan relebansinya terhadap pemikiran Muhammad Izzuddin Taufiq. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 184–195.
Ratnawulan, T. (2018). Perkembangan dan tahapan penting dalam perkembangan. Inclusive: Journal of Special Education, IV(1), 65–74.
Samsudin, M., Jalil, M. A., & Mudiono. (2016). Perspektif Islam tentang Perkembangan Psikologi Manusia dan Tugas-Tugasnya. Jurnal Al-Ashriyyah, 2(1), 43–64.
Sukatin, Mutaqin, Astuti, Widyaningsih, & Putri. (2023). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 186–194.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Research and Innovation in Social Science Education Journal (RISSEJ) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially