PERKEMBANGAN ANAK DALAM TINJAUAN PSIKOLOGI DAN ISLAM
Keywords:
Perkembangan, Anak, Psikologi, IslamAbstract
Perkembangan anak adalah suatu proses perubahan atau perkembangan pada diri anak dari waktu ke waktu dan yang terjadi pada berbagai aspek yang meliputi aspek kognitif, motorik, fisik, bahasa, dan psikoseksual. Jurnal literatur ini menjelajahi perkembangan anak sebagai fenomena multidimensional melalui lensa dua disiplin ilmu, yaitu psikologi dan Islam. Penelitian ini menggunakan metode literatur review, yaitu mencari kajian literatur ilmiah yang kemudian di review. Landasan teoritis mencakup teori-teori psikologi perkembangan kognitif dan sosial, sementara perspektif Islam memberikan dimensi nilai-nilai, moralitas, dan tarbiyah dalam konteks perkembangan anak. Kesimpulan menekankan perlunya integrasi nilai-nilai keislaman dengan temuan psikologi untuk memberikan pandangan holistik dan kaya terhadap perkembangan anak. Implikasi penelitian ini melibatkan potensi pengembangan pendekatan interdisipliner yang lebih efektif dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, menggabungkan warisan ilmiah dan nilai-nilai keislaman.
Kata kunci: Perkembangan, Anak, Psikologi, Islam
References
Hanafi, I. (2018). Perkembangan manusia dalam tinjauan psikologi dan al-quran. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 84–99.
Hurlock, E. B. (1980). Developmental psychology: A life span approach (Fifth Ed.). Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.
Istati, M. (2016). Perkembangan Psikologi Anak Di Kelas IV SD Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Tabiyah Islamiyah, 6(2), 1–7.
Jannah, M. (2016). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam. Jurnal Psikoislamedia, 1(April), 243–256.
Khusni, M. F. (2018). Fase perkembangan anak dan pola pembinaannya dalam perspektif islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 361–382.
Mukhlis. (2022). Fase-fase perkembamgan manusia dalam islam dan relebansinya terhadap pemikiran Muhammad Izzuddin Taufiq. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 184–195.
Ratnawulan, T. (2018). Perkembangan dan tahapan penting dalam perkembangan. Inclusive: Journal of Special Education, IV(1), 65–74.
Samsudin, M., Jalil, M. A., & Mudiono. (2016). Perspektif Islam tentang Perkembangan Psikologi Manusia dan Tugas-Tugasnya. Jurnal Al-Ashriyyah, 2(1), 43–64.
Sukatin, Mutaqin, Astuti, Widyaningsih, & Putri. (2023). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 186–194.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang karyanya diterbitkan dalam Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan wajib menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak Cipta dan Lisensi:
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya.
- Penulis memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal.
- Karya yang diterbitkan dilisensikan di bawah a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan pihak lain untuk berbagi karya dengan mengakui kepenulisan dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Distribusi Non-Eksklusif:
- Penulis diizinkan untuk membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan.
- Contoh distribusi non-eksklusif:
- Menyimpan karya di repositori institusional.
- Menerbitkan karya dalam buku.
- Dalam setiap bentuk distribusi non-eksklusif, pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini wajib dicantumkan.
3. Publikasi Online:
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online sebelum dan selama proses penyerahan.
- Contoh platform publikasi online:
- Repositori institusional.
- Situs web pribadi.
- Publikasi online karya sebelum dan selama proses penyerahan diharapkan dapat:
- Meningkatkan pertukaran informasi yang produktif.
- Meningkatkan kutipan dan jangkauan karya yang diterbitkan.

