PENDEKATAN FEMINIS DALAM STUDI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.62630/elhamra.v7i3.282Keywords:
islam, feminis, studiAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang pendekatan feminis dalam studi islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library search. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendekatan feminis dalam studi Islam mencakup berbagai objek kajian yang berkaitan dengan kesetaraan gender, diskriminasi, dan hak-hak perempuan dalam konteks ajaran Islam. Beberapa objek kajian yang menjadi fokus dalam pendekatan ini meliputi teks Suci Islam (Al-Qur'an dan Hadis), Hukum Islam (Syariah), Sejarah dan Tradisi Islam, Pendidikan dan Literasi, Partisipasi Politik dan Sosial, Kesehatan Reproduksi dan Hak Reproduksi, Media dan Budaya Populer.
Pendekatan feminisme dalam studi Islam memiliki beberapa karakteristik khusus yang mencerminkan fokusnya pada kesetaraan gender, hak-hak perempuan, dan analisis kritis terhadap teks dan tradisi Islam. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari pendekatan feminisme dalam studi Islam: Kritis terhadap interpretasi tradisional, Pencarian kesetaraan gender dalam teks suci, Pemberdayaan perempuan, Analisis kontekstual dan historis, Pendekatan interseksional, Kritik terhadap budaya patriarkal, Pemberian suara kepada pengalaman perempuan, Perjuangan untuk reformasi sosial dan hukum.
Kata Kunci : Islam , Feminis , Studi
References
Amin, Qosim. Sejarah Penindasan Perempuan: Menggugat Islam Laki-Laki Menggurat Perempuan Baru. Yogyakarta: IRCiSoD, 2003.
Aminah, Siti. “Gender, Politik, Dan Patriarki Kapitalisme Dalam Perspektif Feminis Sosialis.” Jurnal Politik Indonesia 1, no. 2 (2012): 1–5.
Andriani, Asna. “Pendekatan Gender Dalam Studi Quran.” Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam 2, no. 3 (2017): 31–47.
Arbain, Janu, Nur Azizah, and Ika Novita Sari. “Pemikiran Gender Menurut Para Ahli: Telaah Atas Pemikiran Amina Wadud Muhsin, Asghar Ali Engineer, Dan Mansour Fakih.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 11, no. 1 (2015): 75–94.
Basyir, Kunawi. “Menggugat Syirik Intelektual Bersama Nasr Hâmid Abû Zayd Dan Amina Wadud.” Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam 1, no. 2 (2011): 317–34.
Diana, Jumianti. “Citra Sosial Perempuan Dalam Cerpen Kartini Karya Putu Wijaya: Tinjauan Kritik Sastra Feminis.” Jurnal Pena Indonesia 4, no. 1 (2018): 78–96.
Fakih, Mansour. Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Hardani, Auliya Nur Hikmatul, Helmina Ardiani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.
Hariati, Sri. “Aliran Feminisme Modern Dan Aliran Feminisme Menurut Islam.” Jatiswara 31, no. 1 (2016): 145–60.
Ismail, Ismail. “Pendekatan Feminis Dalam Studi Islam Kontemporer.” Jurnal Hawa Studi Pengarusutamaan Gender Dan Anak 1, no. 2 (2019): 217–38.
Jalil, Abdul. “Gender Dalam Persfektif Budaya Dan Bahasa.” AL-MAIYYAH: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan 11, no. 2 (2018): 278–300.
Mardiansyah, Mardety. Hermeneutika Feminisme Reformasi Gender Dalam Islam. Bandung: Bitread Publishing, 2018.
Muslikhati, Siti. Feminisme Dan Pemberdayaan Perempuan Dalam Timbangan Islam. Depok: Gema Insani, 2004.
Nasution, Harun. Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah, Pemikiran, Dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
Supardi, Adi. “Paradigma Pendidikan Islam Dalam Kajian Gender Perspektif Riffat Hasan.” Asatiza: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2022): 107–18.
Suprianto, Suprianto. “Kesetaraan Gender Dalam Islam : Studi Atas Pemikiran Nasaruddin Umar Dan KH. Husein Muhammad.” IAIN Walisongo, 2014.
Syaidiman, Anaway Fatikah, Jannatul Munawarah, Laila Esperanza, and Fadhila Tianti. “Mengikis Dan Meluruskan Stereotip ‘Perempuan Selalu Benar.’” Jurnal Konstitusi 4, no. 1 (n.d.).
Umam, Khaerul, and Mubaidi Sulaeman. “Isu-Isu Islam Kontemporer: Refleksi Kritis Kondisi Muslim Di Indonesia.” Literasi Nusantara, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Research and Innovation in Social Science Education Journal (RISSEJ) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially