POTENSI PEMBERDAYAAN PARIWISATA BERPERSPEKTIF GENDER MELALUI INDUSTRI KREATIF KAOS BANYUMASAN
DOI:
https://doi.org/10.62630/elhamra.v7i3.274Keywords:
Wisata, Banyumasan, Gender, IndustriAbstract
Industri kreatif merupakan salah satu tulang punggung, perekonomian tanah air. Melihat saat ini industri kreatif khususnya kaos mengalami perkembangan, maka penting untuk melihat bagaimana potensi pemberdayaan masyarakat melalui industri kreatif fashion kaos Banyumasan yang berperspektif gender. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan atau library research. Pengembangan pariwisata, Industri kreatif dan keberpihakan kepada perempuan mutlak diperlukan. Kesadaran tersebut merupakan salah satu potensi yang bisa dikembangkan untuk memajukan ekonomi daerah. Pengembangan industri kreatif harus senantiasa mendapat perhatian yang memadai, sebab keberadaannya memberikan dampak positif yang akan berpengaruh pada kehidupan sosial, iklim bisnis, peningkatan ekonomi, dan juga berdampak para citra suatu kawasan tersebut. Walaupun tidak sebesar potensi pasar yang dimiliki oleh Dagadu Jogja misalnya, akan tetapi kaos Banyumasan ini memiliki potensi yang tidak kalah besarnya. Banyak masyarakat Banyumasan yang kerja di luar daerah, luar pulau, hingga luar negeri, seharusnya mereka dapat mejadi target pasar distribusi dan penjualannya.
Kata kunci: Pemberdayaan, Pariwisata, Gender, Industri Kreatif, Kaos Banyumasan
References
Ali, N. (2020). Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Hafalan. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), Article 1.
Agustini, D. A. E., & Adnyani, N. K. S. (2021). Pembangunan Agrowisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 2(1), Article 1.
Ahdiati, T. (2020). Kearifan Lokal dan Pengembangan Identitas untuk Promosi Wisata Budaya di Kabupaten Banyumas. Jurnal Pariwisata Terapan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22146/jpt.50417
Arieta, S., Niko, N., Rahmaniah, S. E., Rupita, R., & Igiasi, T. S. (2022). Pembangunan Pariwisata Perbatasan (Border Tourism) Berbasis Pengarusutamaan Gender. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i3.2151
Atika, Z. R., Sutikno, C., & Wijaya, S. S. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Inovasi Produk Badeg Cincau di Desa Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.656
Cahyadi, D., & S, E. F. (2021). Pelatihan Desain Kaos dengan Konsep Unique Selling Proposition Guna Mengenalkan Budaya dan Wisata Kalimantan Bagi Pemuda Kelurahan Bukuan Samarinda. Jurnal ETAM, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.46964/etam.v1i1.247
Dewi, L. C. (2022). Kesadaran dan Kreatifitas Pelaku Industri Kreatif (Kaos) di Purwokerto Tentang Nilai-Nilai Banyumasan [Skripsi, Universitas Jenderal Soedirman]. http://repository.unsoed.ac.id/14485/
Handayani, N. L. P., & Soeparan, P. F. (2022). Ekonomi Kreatif Sebagai Pendorong Pemulihan Ekonomi Pada Masa New Normal Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i2.382
Irjayanti, M., & Azis, A. M. (2023). Pelatihan Manajemen dan Pembukuan pada Usaha Kecil Industri Kreatif Jenis Fashion | Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://e-jurnal.lppmunsera.org/ index.php/parahita/article/view/5644
Lestari, P., Hasanah, U., & Wulandari, R. A. (2021). Knowledge Management, Sumber Daya Manusia, Dan Kinerja Keuangan Pada Umkm Industri Kreatif Di Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 10(1), Article 1. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/ index.php/Prosiding/ article/view/1525
Mahyuni, I. A. P. (2022). Implikasi Pemberdayaan Kreativitas Perempuan Dians Rumah Songket Dan Endek Di Desa Gelgel Klungkung Perspektif Gender Dan Pembangunan. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, & Budaya, 1, 280–287.
Marlina, N. (2017). Kemunculan identitas kelompok dalam industri kaos dablongan banyumasan. Jurnal Lingua Idea, 8(1), Article 1.
Maudyakasih, P. Y., & Nuraeni, R. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pariwisata Di Kabupaten Banyumas. Scriptura, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.9744/scriptura.8.1.14-21
Naja, C. R. A., Caisarina, I., & Aulia, F. (2021). Karakteristik Sosial Ekonomi dan Perjalanan Wisatawan Menuju Lokasi Objek Wisata Pantai: Dalam Perspektif Gender (Studi Kasus: KSPK Pantai Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh). Jurnal Raut, 10(2), Article 2. https://doi.org/ 10.24815/raut.v10i2.25707
Novitasari, R. (2021). Pembagian Kerja Berbasis Gender Dalam Pengelolaan Wisata Agro Wonosari [Undergraduate, Universitas Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/72164/
Oktiza, F., & Hayati, Y. (2023). Stereotip Gender terhadap Perempuan dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo. Persona: Kajian Bahasa Dan Sastra, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jpers.v2i2.144
Rinaldi, R., Isnanda, R., & Naini, I. (2021). Pengembangan Bisnis Berbasis Digital Terhadap Umkm Inyiak Sablon Di Kota Padang. Jurnal Implementasi Riset, 1(2), Article 2.
Santoso, R. (2022). Disrupsi Pandemi dan Strategi Pemulihan Industri Kreatif. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.32503/jmk.v7i1.2101
Wahyudi, A. V., & Gunawan, I. (2020). Peran Tari Dalam Perspektif Gender Dan Budaya. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24235/equalita.v2i2.7136
Widhiastuti, R., Rahmaningtyas, W., Farliana, N., & Kusumaningtias, D. E. (2022). Pemberdayaan Perempuan di Kampung Tematik Jamrut melalui Kreativitas Berbasis Ecoprint. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i2.1208
Wirabumi, A. (2023). Identifikasi Potensi Kota Purwokerto Sebagai Destinasi Wisata Perkotaan [Universitas Gadjah Mada]. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/219755#filepdf
Wulandari, A., & Us, K. A. (2021). Analisis Manajemen Pemasaran Pada Aplikasi Shopee Dan Tokopedia. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v1i3.49
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Research and Innovation in Social Science Education Journal (RISSEJ) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially