POTENSI PEMBERDAYAAN PARIWISATA BERPERSPEKTIF GENDER MELALUI INDUSTRI KREATIF KAOS BANYUMASAN
DOI:
https://doi.org/10.62630/elhamra.v7i3.274Keywords:
Wisata, Banyumasan, Gender, IndustriAbstract
Industri kreatif merupakan salah satu tulang punggung, perekonomian tanah air. Melihat saat ini industri kreatif khususnya kaos mengalami perkembangan, maka penting untuk melihat bagaimana potensi pemberdayaan masyarakat melalui industri kreatif fashion kaos Banyumasan yang berperspektif gender. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan atau library research. Pengembangan pariwisata, Industri kreatif dan keberpihakan kepada perempuan mutlak diperlukan. Kesadaran tersebut merupakan salah satu potensi yang bisa dikembangkan untuk memajukan ekonomi daerah. Pengembangan industri kreatif harus senantiasa mendapat perhatian yang memadai, sebab keberadaannya memberikan dampak positif yang akan berpengaruh pada kehidupan sosial, iklim bisnis, peningkatan ekonomi, dan juga berdampak para citra suatu kawasan tersebut. Walaupun tidak sebesar potensi pasar yang dimiliki oleh Dagadu Jogja misalnya, akan tetapi kaos Banyumasan ini memiliki potensi yang tidak kalah besarnya. Banyak masyarakat Banyumasan yang kerja di luar daerah, luar pulau, hingga luar negeri, seharusnya mereka dapat mejadi target pasar distribusi dan penjualannya.
Kata kunci: Pemberdayaan, Pariwisata, Gender, Industri Kreatif, Kaos Banyumasan
References
Ali, N. (2020). Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Hafalan. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), Article 1.
Agustini, D. A. E., & Adnyani, N. K. S. (2021). Pembangunan Agrowisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 2(1), Article 1.
Ahdiati, T. (2020). Kearifan Lokal dan Pengembangan Identitas untuk Promosi Wisata Budaya di Kabupaten Banyumas. Jurnal Pariwisata Terapan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22146/jpt.50417
Arieta, S., Niko, N., Rahmaniah, S. E., Rupita, R., & Igiasi, T. S. (2022). Pembangunan Pariwisata Perbatasan (Border Tourism) Berbasis Pengarusutamaan Gender. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i3.2151
Atika, Z. R., Sutikno, C., & Wijaya, S. S. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Inovasi Produk Badeg Cincau di Desa Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.656
Cahyadi, D., & S, E. F. (2021). Pelatihan Desain Kaos dengan Konsep Unique Selling Proposition Guna Mengenalkan Budaya dan Wisata Kalimantan Bagi Pemuda Kelurahan Bukuan Samarinda. Jurnal ETAM, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.46964/etam.v1i1.247
Dewi, L. C. (2022). Kesadaran dan Kreatifitas Pelaku Industri Kreatif (Kaos) di Purwokerto Tentang Nilai-Nilai Banyumasan [Skripsi, Universitas Jenderal Soedirman]. http://repository.unsoed.ac.id/14485/
Handayani, N. L. P., & Soeparan, P. F. (2022). Ekonomi Kreatif Sebagai Pendorong Pemulihan Ekonomi Pada Masa New Normal Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i2.382
Irjayanti, M., & Azis, A. M. (2023). Pelatihan Manajemen dan Pembukuan pada Usaha Kecil Industri Kreatif Jenis Fashion | Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://e-jurnal.lppmunsera.org/ index.php/parahita/article/view/5644
Lestari, P., Hasanah, U., & Wulandari, R. A. (2021). Knowledge Management, Sumber Daya Manusia, Dan Kinerja Keuangan Pada Umkm Industri Kreatif Di Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 10(1), Article 1. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/ index.php/Prosiding/ article/view/1525
Mahyuni, I. A. P. (2022). Implikasi Pemberdayaan Kreativitas Perempuan Dians Rumah Songket Dan Endek Di Desa Gelgel Klungkung Perspektif Gender Dan Pembangunan. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, & Budaya, 1, 280–287.
Marlina, N. (2017). Kemunculan identitas kelompok dalam industri kaos dablongan banyumasan. Jurnal Lingua Idea, 8(1), Article 1.
Maudyakasih, P. Y., & Nuraeni, R. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pariwisata Di Kabupaten Banyumas. Scriptura, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.9744/scriptura.8.1.14-21
Naja, C. R. A., Caisarina, I., & Aulia, F. (2021). Karakteristik Sosial Ekonomi dan Perjalanan Wisatawan Menuju Lokasi Objek Wisata Pantai: Dalam Perspektif Gender (Studi Kasus: KSPK Pantai Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh). Jurnal Raut, 10(2), Article 2. https://doi.org/ 10.24815/raut.v10i2.25707
Novitasari, R. (2021). Pembagian Kerja Berbasis Gender Dalam Pengelolaan Wisata Agro Wonosari [Undergraduate, Universitas Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/72164/
Oktiza, F., & Hayati, Y. (2023). Stereotip Gender terhadap Perempuan dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo. Persona: Kajian Bahasa Dan Sastra, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jpers.v2i2.144
Rinaldi, R., Isnanda, R., & Naini, I. (2021). Pengembangan Bisnis Berbasis Digital Terhadap Umkm Inyiak Sablon Di Kota Padang. Jurnal Implementasi Riset, 1(2), Article 2.
Santoso, R. (2022). Disrupsi Pandemi dan Strategi Pemulihan Industri Kreatif. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.32503/jmk.v7i1.2101
Wahyudi, A. V., & Gunawan, I. (2020). Peran Tari Dalam Perspektif Gender Dan Budaya. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24235/equalita.v2i2.7136
Widhiastuti, R., Rahmaningtyas, W., Farliana, N., & Kusumaningtias, D. E. (2022). Pemberdayaan Perempuan di Kampung Tematik Jamrut melalui Kreativitas Berbasis Ecoprint. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i2.1208
Wirabumi, A. (2023). Identifikasi Potensi Kota Purwokerto Sebagai Destinasi Wisata Perkotaan [Universitas Gadjah Mada]. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/219755#filepdf
Wulandari, A., & Us, K. A. (2021). Analisis Manajemen Pemasaran Pada Aplikasi Shopee Dan Tokopedia. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v1i3.49
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang karyanya diterbitkan dalam Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan wajib menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak Cipta dan Lisensi:
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya.
- Penulis memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal.
- Karya yang diterbitkan dilisensikan di bawah a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan pihak lain untuk berbagi karya dengan mengakui kepenulisan dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Distribusi Non-Eksklusif:
- Penulis diizinkan untuk membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan.
- Contoh distribusi non-eksklusif:
- Menyimpan karya di repositori institusional.
- Menerbitkan karya dalam buku.
- Dalam setiap bentuk distribusi non-eksklusif, pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini wajib dicantumkan.
3. Publikasi Online:
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online sebelum dan selama proses penyerahan.
- Contoh platform publikasi online:
- Repositori institusional.
- Situs web pribadi.
- Publikasi online karya sebelum dan selama proses penyerahan diharapkan dapat:
- Meningkatkan pertukaran informasi yang produktif.
- Meningkatkan kutipan dan jangkauan karya yang diterbitkan.