KONSEP JIWA DALAM AL-QURAN PERSPEKTIF KOMUNIKASI TERAPEUTIK
DOI:
https://doi.org/10.62630/elhamra.v8i3.260Keywords:
Jiwa, Al Quran, Komunikasi Terapeutik, klien, konselingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep jiwa dalam Al-Qur’an dalam perspektif komunikasi terapeutik. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan riset kepustakaan sebagai sumber data yang digali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedudukan jiwa di dalam komunikasi terapeutik, yaitu dalam prosesnya berkomunikasi tidak akan pernah bisa dilepaskan untuk berinteraksi dari dua aspek pokok dalam diri manusia yaitu aspek fisik dan jiwanya, keduanya merupakan sebuah kesatuan yang akan selalu ada pada diri manusia yang masih hidup, jadi bisa dikatakan bahwa konsep jiwa dalam komunikasi terapeutik merupakan salah satu komponen yang harus disentuh dan diperhatikan dalam praktek komunikasi terapeutik. Aspek jiwa ini tidak bisa begitu saja diabaikan atau dianggap tidak penting, karena jika kita tidak mempedulikan aspek jiwa ini dalam usaha untuk memperoleh kesembuhan klien, maka kita akan memiliki banyak hambatan dan kekurangan walaupun memang tidak mungkin untuk mencapai kesempurnaan dalam sebuah proses. Namun, kita sebagai konselor memiliki kewajiban untuk selalu berusaha mendekati kesempurnaan tersebut. Hal ini harus dilakukan agar bisa mendapatkan hasil yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan serta dalam tahapan yang lebih jauh lagi diharapkan juga bisa mengembangkan potensi klien sesuai dengan apa yang mereka miliki. Dengan adanya konsep jiwa dalam Al-Qur’an yang disebutkan bahwa jiwa memiliki sifat yang tenang, dapat berubah-ubah tergantung dari bagaimana manusianya, maka dalam proses melakukan komunikasi terapeutik, harus dapat mencapai pada ketenangan jiwa klien dan memberikan dampingan dalam merubah klien untuk dapat lebih baik lagi dalam proses penyembuhan sakitnya atau mengatasi permasalahannya.
Kata kunci: Jiwa; Al-Qur’an; Komunikasi Terapeutik; Konseling; Klien
References
Arroisi, Jarman, and Rahmat Ardi Nur Rifa Da’i. 2019. “Konsep Jiwa Perspektif Ibn Sīnā.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 13(2):256–78.
Cahyadi, Ashadi. 2017. “Metode Hipnoterapi Dalam Merubah Perilaku.” Jurnal Ilmiah Syi’ar 17(2):73. doi: 10.29300/syr.v17i2.897.
Ekasari, Yuli, and Efendi Augus. 2020. “Peranan Rumah Sakit Jiwa Mahoni Dalam Mengembalikan Keberfungsian Sosial Eks Orang Dengan Gangguan Jiwa.” Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP) 1(1):44–57.
Fitriarti, Etik Anjar. 2017. “KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM KONSELING (Studi Deskriptif Kualitatif Tahapan Komunikasi Terapeutik Dalam Pemulihan Trauma Korban Kekerasan Terhadap Istri Di Rifka Annisa Women’s Crisis Center Yogyakarta).” Profetik: Jurnal Komunikasi 10(1):83. doi: 10.14421/pjk.v10i1.1223.
Hakim, M.Lukman, and Kukuh Sinduwiatmo. 2016. “Pengaruh Komunikasi Terapeutik Bidan Terhadap Kepuasan Pasien Bersalin Di Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Brimob Watukosek Gempol Pasuruan.” KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi 2(1):65. doi: 10.21070/kanal.v2i1.276.
Hardani, Auliya Nur Hikmatul, Helmina Ardiani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.
Hasbi, Muhammad. 2018. “Konsep Jiwa Dan Pengaruhnya Dalam Kepribadian Manusia (Studi Atas Tafsi>r Al-Mishba>h Karya Quraish Shihab).” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 17(1):45. doi: 10.14421/qh.2016.1701-03.
Hendra, Tomi, and Peri Musliadi. 2019. “Prinsip Dan Unsur-Unsur Komunikasi Dalam Prespektif Al -Quran.” Wardah 20(2):12–31. doi: 10.19109/wardah.v20i2.4546.
Hidayat, Fahrul, Arisatul Maulana, and Doni Darmawan. 2020. “Komunikasi Terapeutik Dalam Bimbingan Dan Konseling Islam.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 16(2):139–51. doi: 10.14421/hisbah.2019.162-03.
Ismatulloh, A. M. 2017. “Etika Berkomunikasi Dalam Al-Qur’an Analisis Penafsiran Hasbi Ash-Shiddieqi Dalam Tafsir an-Nur.” LENTERA: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 1(2):129–46. doi: 10.21093/lentera.v1i2.918.
Moleong, Lexy J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mustafa, Sahidi Mustafa. 2018. “Konsep Jiwa Dalam Al-Qur’an.” Tasfiyah 2(1):123. doi: 10.21111/tasfiyah.v2i1.2485.
Nasriati, Ririn. 2017. “Stigma Dan Dukungan Keluarga Dalam Merawat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).” Medisains: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan 15(1):56–65.
Priyatna, M. 2017. “Konsep Pendidikan Jiwa (Nafs) Menurut Al Qur’an Dan Hadits.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 3(5):520–32. doi: 10.30868/ei.v3i05.45.
Rahmatiah, St. 2017. “Pemikiran Tentang Jiwa (Al-Nafs) Dalam Filsafat Islam.” Sulesana 11(2):31–44.
Sasmito, Priyo, Majadanlipah Majadanlipah, Raihan Raihan, and Ernawati Ernawati. 2019. “Penerapan Teknik Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat Pada Pasien.” Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate 11(2):58. doi: 10.32763/juke.v11i2.87.
Sembiring, Iskandar, and Novita Munthe. 2019. “HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP.” JURNAL KEPERAWATAN DAN FISIOTERAPI (JKF) 1(2 SE-Articles). doi: 10.35451/jkf.v1i2.170.
Sumakul, E., E. Mingkid, and J. Randang. 2019. “Peranan Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Anak Penderita Kanker Di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Rsup Prof. Kandouw Manado.” 1(4):1–14.
Utami, Leoni Sri, and Siti Musyarofah. 2021. “Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal.” Peran Mikronutrisi Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 11 No 1(Januari):1–8.
Zuhara, Evi. 2018. “Konsep Jiwa Dalam Tradisi Keilmuan Islam.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 4(1):44–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zidan Abid Maulana, Fadila Elma Ramadhani, Wahyu Budiantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Research and Innovation in Social Science Education Journal (RISSEJ) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially