Mengembangkan Kedisiplinan dan Kreatifitas Anggota Ekstrakurikuler Videografi Melalui Program VIPER CAMP
DOI:
https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i2.182Keywords:
disiplin, kreatif, ekstrakurikuler, videografi, viper campAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mengembangkan kedisiplinan dan kreatifitas anggota Ekstrakurikuler Videografi melalui program VIPER CAMP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pembina dan anggota ekstrakurikuler videografi SMK Pawyatan Daha 2 Kediri. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, kuesioner, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program VIPER CAMP dapat meningkatkan kedisiplinan dan kreatifitas anggota ekstrakurikuler videografi melalui latihan, pembinaan, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugas terkait produksi video. Program ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pendidikan di luar ruang kelas dan dapat dijadikan sebagai model yang efektif dalam mengembangkan kedisiplinan dan kreatifitas anggota ekstrakurikuler videografi. Disarankan untuk melanjutkan dan memperluas implementasi program VIPER CAMP dalam pendidikan ekstrakurikuler serta membagikan temuan dan pengalaman program kepada institusi pendidikan lainnya.
Kata kunci: disiplin, kreatif, ekstrakurikuler, videografi, viper camp
References
Akmal, A. (2018). Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Pemberian Tugas Melipat Kertas Pada Siswa Kelompok B TK Islam Ylpi Marpoyan Pekanbaru. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 79–92.
Bonafix, D. N. (2011). Videografi: Kamera dan Teknik Pengambilan Gambar. Humaniora, 2(1), 845. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i1.4015
Faisal, S. (2001). Format-Format Penelitian Sosial. Raja Grafindo Persada.
Fauzy, A. (2019). Metode Sampling (2 ed.). Universitas Terbuka.
Gordon, T. (1996). Mengajar Anak Berdisiplin Diri di rumah dan di sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hasibuan, M. S. P. (2008). Manajemen sumber daya manusia.
Kristanto, D. D., Murdaningsih, R. P., & Andrian, Y. F. (2022). Pelatihan Ekstrakurikuler Editing Video Dengan Aplikasi Kinemaster di SMA Tunas Harapan Bogor. Prosiding Sembadha, 03(1), 10–14. https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/sembadha/article/view/1792/916
Lesmana, M. A. (2022). MONITORING CHARGING--DISCHARGING BATERAI LI-ION CD 18650 3, 7V MENGGUNAKAN NODEMCU BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Universitas Siliwangi.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2 ed.). SAGE Publications.
Munandar, S. C. U. (1986). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah: petunjuk bagi para guru dan orang tua. Gramedia.
Nimah, Z. (2013). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Shalat Fardlu Pada Siswa Kelas II Mi Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Pambudhi, T., Anggraini, R., Abrori, M. A., Erika, Asifin, N., & Ramadhan, I. (2023). Children are artists: supporting children’s learning identity as artists: by Penny Hay, New York, Routledge, 2023, 200 pp.,£ 96.00 (hardback), ISBN: 9781032347219. Education 3-13, 1–3. https://doi.org/10.1080/03004279.2023.2277914
Ramadhan, I. (2024). Penggunaan Infografis untuk Meningkatkan Pemahaman Hierarki Konstitusi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Pawyatan Daha 2 Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 3(1), 333–339. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4532
Sa’diyah, N. S. (2019). Evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler broadcasting (videografi) terhadap pembentukan skill mata pelajaran produktif bidang multimedia di SMK Cendika Bangsa Malang [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/id/eprint/128976
Samsidar. (2019). Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Pemberian Tugas. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 2(3), 192–195.
Setiasih, S., & Puspitasari, F. I. (2020). Kebutuhan remaja untuk mengirim foto atau video di Instagram. Jurnal Psikologi Ulayat, 2(2), 461–472. https://doi.org/10.24854/jpu38
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidin (ed.)). CV. Nata Karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Idang Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang karyanya diterbitkan dalam Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan wajib menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak Cipta dan Lisensi:
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya.
- Penulis memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal.
- Karya yang diterbitkan dilisensikan di bawah a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan pihak lain untuk berbagi karya dengan mengakui kepenulisan dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Distribusi Non-Eksklusif:
- Penulis diizinkan untuk membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan.
- Contoh distribusi non-eksklusif:
- Menyimpan karya di repositori institusional.
- Menerbitkan karya dalam buku.
- Dalam setiap bentuk distribusi non-eksklusif, pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini wajib dicantumkan.
3. Publikasi Online:
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online sebelum dan selama proses penyerahan.
- Contoh platform publikasi online:
- Repositori institusional.
- Situs web pribadi.
- Publikasi online karya sebelum dan selama proses penyerahan diharapkan dapat:
- Meningkatkan pertukaran informasi yang produktif.
- Meningkatkan kutipan dan jangkauan karya yang diterbitkan.