Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i2.179Keywords:
pengaruh, Hasil Belajar, problem based learningAbstract
Tujuan penelitian yaitu untuk membuktikan bahwa model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Penelitian studi literatur ini penting untuk dilakukan agar diketahui bahwa model PBL telah banyak diteliti mampu meningkatkan hasil belajar sehingga para peneliti selanjutnya dapat meneliti hal baru yang berpengaruh lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan metode studi pustaka dengan cara mengkaji sejumlah 20 jurnal penelitian terdahulu yang sudah terindeks SINTA 1 s.d 6. Pengumpulan data dilakukan melalui pencarian artikel jurnal dilakukan melalui database Google Cendekia. Sumber data penelitian berupa data sekunder menggunakan jurnal penelitian terdahulu dengan prosedur analisis isi dengan mengkaji literatur yang digunakan dengan detail, analisis isi tersebut bertujuan untuk menunjukkan bukti kefektifan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi melalui beberapa literatur terkait. Hasil menunjukkan bahwa dari 20 artikel yang digunakan semua menunjukkan hasil positif dimana penerapan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMA.
Kata kunci: Pengaruh; Problem Based Learning;Hasil Belajar
References
Arumsari, A., Falensi, Y. A., & Santri, D. J. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1 Palembang. Bioilmi : Jurnal Pendidikan.
Asiyah, Topano, A., & Wahid, A. (2021). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Bororing, G. A., N.Nanlohy, F., & Roring, V. L. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kawangkoan. Bioedusains : Jurnal Sains Pendidikan Biologi.
Fadimpo, L. M., Prabawati, R., & Ulfa, N. N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem- Based Learning) Pada Materi Sistem. Bioelearning Journal.
Harahap, D. P., Restuati, M., & Hardiansyah. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pokok Bahasan Virus Dikelas X Man Rantau Prapat. Jurnal Pelita Pendidikan.
Hasan, E., Wajdi, M., & Bahrudin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Virus Pada Peserta Didik Kelas X Mia Di Sma 1 Maros. Bioelearning Journal.
Herlina, Kasim, A., & D. Mamu, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas Xi Ipa Man 2 Model Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako.
Ilmi, M., & Lagiono. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan. Jurnal Pendidikan Hayati.
Jagantara, I. W., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. P. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA. E-Journal Program Pascasarjanaa Universitas Pendidikan Ganesha.
Juliyanti, K., & Nopriyeni. (2023). Pengaruh Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa. Bioedusains : Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains.
Lutfiah, W., Anisa, & Hambali, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan.
Magdalena, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5. Jurnal FKIP UNS.
Panjaitan, E. U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar biologi siswa SMAN 1 Aeksongsongan. Jurnal EDU-BIO.
Putera, I. B. (2021). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI. Jurnal Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains.
Syahrul, Nasir, M., & Nurfathurrahmah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Lambitu. Jurnal Oryza Pendidikan Biologi.
Wahyudi, A., Marjono, & Harlita. (2015). Herlina, Kasim, A., & D. Mamu, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas Xi Ipa Man 2 Model Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. BIO-PEDAGOGI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mustika Lara, S. Syamsurizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Research and Innovation in Social Science Education Journal (RISSEJ) is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially