Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi

Authors

  • Mustika Lara Universitas Negeri Padang
  • S. Syamsurizal Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i2.179

Keywords:

pengaruh, Hasil Belajar, problem based learning

Abstract

Tujuan   penelitian   yaitu   untuk   membuktikan bahwa model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi. Penelitian studi literatur ini penting untuk dilakukan agar diketahui bahwa model PBL telah banyak diteliti mampu meningkatkan hasil belajar sehingga para peneliti selanjutnya dapat meneliti hal baru yang berpengaruh lebih baik dalam   meningkatkan kemampuan berpikir kritis.  Penelitian  menggunakan metode  studi pustaka dengan cara mengkaji sejumlah 20 jurnal penelitian terdahulu yang  sudah  terindeks SINTA 1 s.d 6. Pengumpulan   data dilakukan   melalui   pencarian   artikel   jurnal   dilakukan  melalui database Google Cendekia. Sumber data penelitian berupa data sekunder menggunakan jurnal penelitian terdahulu dengan prosedur analisis isi dengan mengkaji literatur yang digunakan dengan detail, analisis isi tersebut bertujuan untuk menunjukkan bukti  kefektifan model Problem Based Learning  dalam  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  SMA  dalam  pembelajaran  biologi  melalui beberapa literatur terkait. Hasil menunjukkan bahwa dari 20 artikel yang digunakan semua menunjukkan hasil positif dimana penerapan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMA.

Kata kunci: Pengaruh; Problem Based Learning;Hasil Belajar

References

Arumsari, A., Falensi, Y. A., & Santri, D. J. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1 Palembang. Bioilmi : Jurnal Pendidikan.

Asiyah, Topano, A., & Wahid, A. (2021). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Bororing, G. A., N.Nanlohy, F., & Roring, V. L. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kawangkoan. Bioedusains : Jurnal Sains Pendidikan Biologi.

Fadimpo, L. M., Prabawati, R., & Ulfa, N. N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem- Based Learning) Pada Materi Sistem. Bioelearning Journal.

Harahap, D. P., Restuati, M., & Hardiansyah. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pokok Bahasan Virus Dikelas X Man Rantau Prapat. Jurnal Pelita Pendidikan.

Hasan, E., Wajdi, M., & Bahrudin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Virus Pada Peserta Didik Kelas X Mia Di Sma 1 Maros. Bioelearning Journal.

Herlina, Kasim, A., & D. Mamu, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas Xi Ipa Man 2 Model Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako.

Ilmi, M., & Lagiono. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan. Jurnal Pendidikan Hayati.

Jagantara, I. W., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. P. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA. E-Journal Program Pascasarjanaa Universitas Pendidikan Ganesha.

Juliyanti, K., & Nopriyeni. (2023). Pengaruh Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa. Bioedusains : Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains.

Lutfiah, W., Anisa, & Hambali, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan.

Magdalena, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5. Jurnal FKIP UNS.

Panjaitan, E. U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar biologi siswa SMAN 1 Aeksongsongan. Jurnal EDU-BIO.

Putera, I. B. (2021). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI. Jurnal Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains.

Syahrul, Nasir, M., & Nurfathurrahmah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Lambitu. Jurnal Oryza Pendidikan Biologi.

Wahyudi, A., Marjono, & Harlita. (2015). Herlina, Kasim, A., & D. Mamu, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas Xi Ipa Man 2 Model Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. BIO-PEDAGOGI.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Lara, M., & Syamsurizal, S. . (2024). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(2), 253–263. https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i2.179