Analisis Kebutuhan Siswa Terhadap Penuntun Praktikum Kimia SMA Kelas XII
Keywords:
penuntun praktikum, kimia, kebutuhan siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan siswa untuk pengembangan panduan praktikum kimia. Panduan praktikum diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerjasama siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisis kebutuhan siswa dilakukan dari analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, dan analisis tugas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 6 Medan. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa siswa membutuhkan buku panduan praktikum. Secara umum, dapat dilihat bahwa 86,9% siswa menyukai kegiatan praktikum. 100% siswa menyatakan bahwa dalam kegiatan praktikum mereka tidak menggunakan buku panduan, buku yang digunakan pada saat praktikum, yaitu buku teks, 78,3% siswa menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan ketika melakukan kegiatan praktikum, karena dalam buku teks tidak ada lembar kegiatan untuk siswa dan langkah-langkah dalam melakukan kegiatan praktis juga kurang dipahami oleh siswa. 100% siswa menyatakan bahwa mereka membutuhkan buku panduan praktikum agar kegiatan praktikum dapat berjalan dengan lancar.