ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XII

Authors

  • Sandy Yudha Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.62630/elhamra.v8i2.117

Keywords:

penuntun praktikum, kimia, kebutuhan siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan siswa untuk pengembangan panduan praktikum kimia. Panduan praktikum diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerjasama siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisis kebutuhan siswa dilakukan dari analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, dan analisis tugas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 6 Medan. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa siswa membutuhkan buku panduan praktikum. Secara umum, dapat dilihat bahwa 86,9% siswa menyukai kegiatan praktikum. 100% siswa menyatakan bahwa dalam kegiatan praktikum mereka tidak menggunakan buku panduan, buku yang digunakan pada saat praktikum, yaitu buku teks, 78,3% siswa menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan ketika melakukan kegiatan praktikum, karena dalam buku teks tidak ada lembar kegiatan untuk siswa dan langkah-langkah dalam melakukan kegiatan praktis juga kurang dipahami oleh siswa. 100% siswa menyatakan bahwa mereka membutuhkan buku panduan praktikum agar kegiatan praktikum dapat berjalan dengan lancar.

Kata Kunci: penuntun praktikum, kimia, kebutuhan siswa

This study aims to analyze students' needs for the development of a chemistry practicum guide. The practicum guide is expected to improve students' critical thinking skills and cooperation. This type of research is a qualitative descriptive research. Analysis of students' needs was carried out from the initial analysis, student analysis, concept analysis, and task analysis. The research subjects were students of class XII IPA 1 SMA Negeri 6 Medan. From the results of the analysis, it was found that students needed practicum guidebooks. In general, it can be seen that 86.9% of students like practicum activities. 100% of students stated that in practicum activities they did not use guidebooks, books used during practicum, namely textbooks, 78.3% of students stated that they experienced difficulties when carrying out practicum activities, because in textbooks there were no activity sheets for students and the steps in carrying out practical activities are also poorly understood by students. 100% of students stated that they needed a practicum manual so that practicum activities could run smoothly.

Keywords: practicum guide, chemistry, students' needs

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Yudha, S. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XII . Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 8(2), 113–117. https://doi.org/10.62630/elhamra.v8i2.117