PENGARUH TERPAAN IKLAN TOKOPEDIA DI YOUTUBE TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENGGUNAKAN TOKOPEDIA
DOI:
https://doi.org/10.62630/elhamra.v8i1.111Keywords:
Terpaan Iklan, Minat Menggunakan, MahasiswaAbstract
Penelitian ini dilakukan di FISIP Universitas Peradaban. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) variabel, yakni variabel terpaan iklan (X) dan Variabel Minat Menggunakan (Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa dan seberapa besar pengaruh terpaan iklan terhadap minat menggunakan. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP Universitas Peradaban dengan jumah sampel 83 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode uji normalitas, uji regresi linear sederhana, uji signifikansi parsial, dan uji koefisien determinasi dengan dibantu menggunakan SPSS 22. Hasil uji siginfikansi parsial meninjukkan bahwa variabel terpaan berpengaruh positif terhadap variabel minat dengan hasil t hitung > t tabel, 11,983 > 1,667 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan variabel X berpengaruh sebesar 63,9% terhadap variabel Y. Kesimpulan dari uji signifikansi parsial adalah terpaan iklan Tokopeedia berpengaruh terhadap minat mahasiwa untuk menggunakan Tokopedia untuk membeli produk secara online.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang karyanya diterbitkan dalam Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan wajib menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak Cipta dan Lisensi:
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya.
- Penulis memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal.
- Karya yang diterbitkan dilisensikan di bawah a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan pihak lain untuk berbagi karya dengan mengakui kepenulisan dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Distribusi Non-Eksklusif:
- Penulis diizinkan untuk membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan.
- Contoh distribusi non-eksklusif:
- Menyimpan karya di repositori institusional.
- Menerbitkan karya dalam buku.
- Dalam setiap bentuk distribusi non-eksklusif, pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini wajib dicantumkan.
3. Publikasi Online:
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online sebelum dan selama proses penyerahan.
- Contoh platform publikasi online:
- Repositori institusional.
- Situs web pribadi.
- Publikasi online karya sebelum dan selama proses penyerahan diharapkan dapat:
- Meningkatkan pertukaran informasi yang produktif.
- Meningkatkan kutipan dan jangkauan karya yang diterbitkan.

