KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Authors

  • Aqib Ardiansyah Universitas Peradaban
  • Aswhar Anis Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.62630/elhamra.v8i1.110

Keywords:

Kualitas, Pelayanan Publik,Kecamatan, Bumiayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Bumiayu Kabupaten BREBES. Kualitas pelayanan ini diukur menggunakan indikator yang terdiri dari Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Tanggapan (Responsiveness), Jaminan (Asurance) dan Empati (Empathy). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Adapun informan dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik pada kantor kecamatan berdasarkan kantor Kecamatan Bumiayu sudah cukup memadai. Kehandalan (Reliability) dari segi ketepatan waktu atau kecepatan layanan sudah baik dan cepat sesuai dengan yang dijanjikan. Tanggapan (Responsiveness) seperti respon atau tanggapan yang diberikan oleh petugas sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jaminan (Assurance) terkait dengan pengetahuan serta sopan santun petugas dirasa sudah baik dan keamanan juga dirasa aman dan dapat memberikan rasa percaya dari masyarakat. Dan Empati (Empathy) petugas berempati dalam membantu kebutuhan masyarakat yang membutuhkan informasi.

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. (2023). Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 8(1), 41-56. https://doi.org/10.62630/elhamra.v8i1.110