PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN (DIKLAT), KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI ERA PANDEMI COVID-19

Studi Kasus Pada Guru TK di Kabupaten Brebes Selatan

Authors

  • Moh. Verdian Islahi Universitas Peradaban
  • Mukhroji Universitas Peradaban

Keywords:

Pendidikan dan pelatihan (training), kecerdasan emosional, motivasi kerja, kinerja guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan & pelatihan (diklat), kecerdasan emosional, motivasi kerja terhadap kinerja guru TK (Taman Kanak-Kanak) di Kabupaten Brebes Selatan. Penelitian ini dilakukan di Persatuan Guru TK (Taman Kanak-Kanak) di Brebes Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 219 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS v.22. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan & pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Verdian Islahi, M. ., & Mukhroji. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN (DIKLAT), KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI ERA PANDEMI COVID-19 : Studi Kasus Pada Guru TK di Kabupaten Brebes Selatan. Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 8(1), 31–40. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/109