PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN (DIKLAT), KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI ERA PANDEMI COVID-19
Studi Kasus Pada Guru TK di Kabupaten Brebes Selatan
DOI:
https://doi.org/10.62630/elhamra.v8i1.109Keywords:
Pendidikan dan pelatihan (training), kecerdasan emosional, motivasi kerja, kinerja guru.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan & pelatihan (diklat), kecerdasan emosional, motivasi kerja terhadap kinerja guru TK (Taman Kanak-Kanak) di Kabupaten Brebes Selatan. Penelitian ini dilakukan di Persatuan Guru TK (Taman Kanak-Kanak) di Brebes Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 219 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS v.22. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan & pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang karyanya diterbitkan dalam Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan wajib menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak Cipta dan Lisensi:
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karyanya.
- Penulis memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal.
- Karya yang diterbitkan dilisensikan di bawah a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan pihak lain untuk berbagi karya dengan mengakui kepenulisan dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2. Distribusi Non-Eksklusif:
- Penulis diizinkan untuk membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan.
- Contoh distribusi non-eksklusif:
- Menyimpan karya di repositori institusional.
- Menerbitkan karya dalam buku.
- Dalam setiap bentuk distribusi non-eksklusif, pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini wajib dicantumkan.
3. Publikasi Online:
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online sebelum dan selama proses penyerahan.
- Contoh platform publikasi online:
- Repositori institusional.
- Situs web pribadi.
- Publikasi online karya sebelum dan selama proses penyerahan diharapkan dapat:
- Meningkatkan pertukaran informasi yang produktif.
- Meningkatkan kutipan dan jangkauan karya yang diterbitkan.

