Integralisasi Penguatan Literasi Santri Pada Program Tahfidz MTs Plus Al-Hidayah Kroya
Abstract
Program tahfidz Al-Qur’an merupakan bagian penting dari pendidikan Islam yang perlu terus dikembangkan dengan pendekatan yang relevan dengan tantangan zaman. Salah satu pendekatan yang perlu diintegrasikan adalah penguatan literasi Qur’ani. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, kapasitas literasi, dan pemahaman santri terhadap hafalan Al-Qur’an melalui metode terpadu yang dilakukan di MTs Plus Al-Hidayah Kroya. Metode yang digunakan adalah seminar, diskusi kelompok (FGD), dan refleksi individu. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan mampu meningkatkan kesadaran literasi santri serta mendorong terbentuknya model pembelajaran integratif antara tahfidz dan literasi. Rekomendasi diberikan untuk keberlanjutan program serupa.
Kata Kunci : Literasi, Program Tahfid, MTs Plus Al_hidayah Kroya