Integralisasi Penguatan Literasi Santri Pada Program Tahfidz MTs Plus Al-Hidayah Kroya

Authors

  • Mahfud Alfaozi STIQ Miftahul Huda Rawalo Banyumas
  • Imam Maarif Hidayat imam STIQ Miftahul Huda Rawalo Banyumas
  • Haqi Mabrur STIQ Miftahul Huda Rawalo Banyumas
  • Aeinul Fitriyah STIQ Miftahul Huda Rawalo Banyumas
  • Aulia Nailul Izzah STIQ Miftahul Huda Rawalo Banyumas

Abstract

Program tahfidz Al-Qur’an merupakan bagian penting dari pendidikan Islam yang perlu terus dikembangkan dengan pendekatan yang relevan dengan tantangan zaman. Salah satu pendekatan yang perlu diintegrasikan adalah penguatan literasi Qur’ani. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, kapasitas literasi, dan pemahaman santri terhadap hafalan Al-Qur’an melalui metode terpadu yang dilakukan di MTs Plus Al-Hidayah Kroya. Metode yang digunakan adalah seminar, diskusi kelompok (FGD), dan refleksi individu. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan mampu meningkatkan kesadaran literasi santri serta mendorong terbentuknya model pembelajaran integratif antara tahfidz dan literasi. Rekomendasi diberikan untuk keberlanjutan program serupa.

Kata Kunci : Literasi, Program Tahfid, MTs Plus Al_hidayah Kroya

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Mahfud Alfaozi, imam, I. M. H., Haqi Mabrur, Aeinul Fitriyah, & Aulia Nailul Izzah. (2025). Integralisasi Penguatan Literasi Santri Pada Program Tahfidz MTs Plus Al-Hidayah Kroya. Arunika, 2(2), 15–22. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/arunika/article/view/453

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.