Transformasi Digital dalam Pendidikan Desain Komunikasi Visual untuk Komunitas

Authors

  • Esi Saputri Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

transformasi digital, tantangan pendidikan, kurikulum dkv

Abstract

Kemajuan pesat teknologi digital telah berdampak signifikan pada berbagai sektor, termasuk pendidikan. Penelitian ini mengeksplorasi transformasi digital dalam pendidikan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan implikasinya bagi komunitas. Penelitian ini mengkaji peluang dan tantangan yang dihadapi oleh pendidik dan mahasiswa dalam beradaptasi dengan alat dan metodologi digital baru. Melalui pendekatan kualitatif, studi ini mengumpulkan wawasan dari pendidik, mahasiswa, dan profesional industri untuk memahami bagaimana transformasi digital membentuk kurikulum DKV, praktik pengajaran, dan hasil pembelajaran. Temuan utama menunjukkan bahwa alat digital meningkatkan kreativitas, kolaborasi, dan aksesibilitas, memungkinkan mahasiswa terlibat dengan tren desain global dan standar industri. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital, kebutuhan akan pembaruan keterampilan yang berkelanjutan, dan resistensi terhadap perubahan masih ada. Studi ini menyimpulkan dengan rekomendasi bagi pendidik untuk memanfaatkan alat digital secara efektif sambil mengatasi tantangan yang ada, dengan tujuan akhir untuk mendorong pendidikan DKV yang lebih inklusif dan dinamis bagi komunitas.

Kata kunci: Transformasi Digital, Pendidikan Desain Komunikasi Visual, Teknologi Digital, Peluang Pendidikan, Tantangan Pendidikan, Komunitas, Kreativitas Digital, Kolaborasi, Kesenjangan Digital, Kurikulum DKV.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Esi Saputri. (2024). Transformasi Digital dalam Pendidikan Desain Komunikasi Visual untuk Komunitas. Arunika, 1(1), 8–17. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/arunika/article/view/226