Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Akademik Berbasis Online
Abstract
Kepuasan layanan terhadap mahasiswa merupakan salah satu bagian dari unsur kualitas layanan. Kepuasan mahasiswa terhadap layanan juga merupakan salah satu indikator untuk mendapatkan input mahasiswa yang lebih banyak sekaligus menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui gambaran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Sampel penelitian diambil dari populasi mahasiswa dengan menggunakan teknik pusposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan questioner. Data yang diperoleh kemudian diolah, diedit, discoring, dan dianalisis menggunakan tabel distribusi frekuensi dalam bentuk persentase.
Dari penelitian ini diketemukan bahwa mahasiswa puas dengan layanan fisik dengan persentase 45 %. Pada Aspek Reliability keandalan dosen dan tenaga administrasi, mahasiswa merasakan kepuasan dengan persentase 65 %. Pada aspek responsiveness, mahasiswa puas dengan skor 48 %. Pada aspek assurances rata- rata mahasiswa puas dengan persentase 65 %, pada aspek emphaty 55 %. Sementara aspek sistem informasi, mahasiswa merasakan kepuasan dengan persentase 49 %.
Kata kunci: Layanan administrasi, akademik, online, perguruan tinggi
Service satisfaction towards students is one part of the service quality element. Student satisfaction with services is also an indicator to get more student input while producing quality graduates.
This research was conducted with the aim of knowing the description of the level of student satisfaction with academic administration services. This research is a descriptive quantitative research. The research sample was taken from the student population using purposive sampling technique. Data collection is done using a questioner. The data obtained were then processed, edited, scored, and analyzed using a frequency distribution table in percentage form.
From this study it was found that students were satisfied with physical services with a percentage of 45%. In the Reliability aspect of the reliability of lecturers and administrative staff, students feel satisfaction with a percentage of 65%. In the aspect of responsiveness, students are satisfied with a score of 48%. In the aspect of assurances, the average student is satisfied with a percentage of 65%, in the aspect of empathy 55%. While the aspect of information systems, students feel satisfaction with a percentage of 49%.
Keywords: Administrative services, academic, online, college
References
Allasso, Elisha Orcarus, ‘Aktualisasi Diri Ki Seno Nugroho: Tinjauan Pemenuhan Kebutuhan Dalam Teori Motivasi Abraham H. Maslow’ (Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2016)
Amon, Lorensius, Theresia Ping, and Soerjo Adi Poernomo, ‘Tugas Dan Fungsi Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan’, Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 2021, 1–12
Ariyanti, Lisa, Muhammad Najib Dwi Satria, and Debby Alita, ‘Sistem Informasi Akademik Dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan’, Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1.1 (2020), 90–96
Arsyad, Wa Ode Sukmawati, Sarman Sarman, and M La Ode, ‘Pengelolaan Layanan Laboratorium Terpadu Unit Fisika Dalam Menunjang Kinerja Dan Kepuasan Mahasiswa Universitas Haluoleo Tahun Akademik 2022.2’, Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4.2 (2023), 2445–51
Aryani Widiyawati, A, ‘Pendidikan Karakter Di Tengah Globalisasi: Epistimologi, Terminologi, Dan Aksiologi Menghadapi MEA 2015’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi: Pendidikan Transformatif Dan Tantangan Masa Depan Bangsa (Jember: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember)
Assidiqi, Muhamad Hasbi, and Woro Sumarni, ‘Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19’, in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2020, III, 298–303
Bali, Markus Masan, ‘Peran Dosen Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa’, Humaniora, 4.2 (2013), 800–810
Di, Athfal, and Kabupaten Gresik, ‘Studi Deskriptif Kepuasan Kerja Guru Tk ’ Aisyiyah Bustanul Studi Deskriptif Kepuasan Kerja Guru Tk ‘ Aisyiyah B Ustanul Athfal Di’, January, 2018
Febriana, Ajeng Iva Dwi, ‘Determinasi Teknologi Komunikasi Dan Tutupnya Media Sosial Path’, LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6.2 (2018), 86–95
Gazali, Marlina, ‘Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa’, Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6.1 (2013), 126–36
Habibi, Ibnu, ‘Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom Dan Zoom Meeting) Di Smp Mbs Al Amin Bojonegoro’, Cendekia, 12.2 (2020), 161–78
Hanik, Elya Umi, ‘Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah’, ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8.1 (2020), 183
Hati, Shinta Wahyu, and Aisyah Juliati, ‘Analisis Pengaruh Logistics Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Perusahan Logistik Jalur Nugraha Ekakurir (Jne)’, Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7.2 (2019), 240–49
Heri, Totong, ‘Membangun Produktivitas Dosen Di Perguruan Tinggi’, Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15.2 (2019)
Herlambang, Yanuar, ‘Participatory Culture Dalam Komunitas Online Sebagai Reperesentasi Kebutuhan Manusia’, Tematik, 1.2 (2014), 26–34
Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto, ‘Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’, JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22.1 (2020), 65–70
Idrus, Muhammad, ‘Implikasi Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kualitas Kehidupan Kerja Karyawan’, Jurnal Psikologi, 3.1 (2006), 94–106
Iskandar, Rhoma, Arie Widiyastuti, Nadia Rista, and Ayu Nurul Amalia, ‘Kualitas Layanan Dan Kepuasan Layanan Secara Daring Terhadap Loyalitas Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4.2 (2021), 70–78 <https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.477>
Kusumawardani, Gayatri, and Bening Tri Hanggoro, ‘Media Sosial Sebagai Alternatif Penyimpanan Arsip Digital Pribadi’, Jurnal Kearsipan, 13.2 (2018), 157–75
Lestari, Arinda, John Roni Coyanda, and Dasrial Dasrial, ‘Sistem Infomasi Pelelangan Barang Secara Online Pada Pt. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Pasar 26 Ilir Palembang’, Jurnal Ilmiah Informatika Global, 6.1 (2015)
Liatmaja, Rizka, and Indah Ully Wardati, ‘Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Lembaga Bimbingan Belajar Be Excellent Pacitan’, Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 2.2 (2013)
Muktiyanto, Ali, ‘Good University Governance Dan Kinerja Perguruan Tinggi’, Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan Dan Praktek Baik, 2016, 45–66
Mulyawan, Ali, and Rinawati, ‘Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Impilikasinya Pada Loyalitas Mahasiswa (Studi Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Di Kota Bandung)’, Juranal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 10.2 (2016), 119–31
Muridan, Muridan, and Asmaya Enung, ‘Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Akademik Berbasis Online Di Fakultas Dakwah Unigerista Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokertotahun Akademik 2020-2021’, 2022
Ping, Theresia, and Soerjo Adi Poernomo, ‘GAUDIUM VESTRUM : JURNAL KATEKETIK PASTORAL Tugas Dan Fungsi Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan’, 5.1 (2021), 1–12
Rahmawati, Diana, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa’, Jurnal Economia, 9.1, 52–65
Sakinah, Elsa, Wati Rohmawati, and Wilda Rahayu, ‘Tupoksi Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Menuju Era Society 5.0’, Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2.2 (2023), 148–60
Samosir, Zurni Zahara, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU’, Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 1.1 (2005)
Sanda, Yustinus, and Agustina Pitriyani, ‘Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik’, Jurnal Penjaminan Mutu, 8.1 (2022), 79–88
Sufiyyah, Arrafiatus, ‘Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Birokrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa’, Jurnal Ilmiah Aset, 13.2 (2011), 85–93
Taufiqurrahman, Taufiqurrahman, and Fathul Himam, ‘Kepercayaan Politik Mahasiswa Santri Terhadap Kiai Dalam Perspektif Psikologi Perkembangan’, Jurnal Psikologi Tabularasa, 9.1 (2014)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.