Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbang pada Kurikulum Merdeka
Keywords:
PJOK, Kurikulum MerdekaAbstract
This research aims to analyze the Implementation of Physical Education and Sports Learning at Sumbang 1 State Elementary School based on the Merdeka Curriculum. The research method used is a qualitative research method, with a focus on the Implementation of Physical Education, Sports and Health Learning at the Sumbang 1 State Elementary School based on the Merdeka Curriculum. The research results were analyzed and discussed in depth to find research results regarding the Implementation of Physical Education, Sports and Health Learning at the Sumbang 1 State Elementary School on the Merdeka Curriculum. The conclusions of this research are outlined along with suggestions that can be implemented for further research.
Keywords: Physical Education, Sports and Health, Independent Curriculum
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbang pada Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif, dengan fokus pada Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbang pada Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian dianalisis dan dibahas secara mendalam untuk menemukan hasil penelitian tentang Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbang pada Kurikulum Merdeka . Kesimpulan dari penelitian ini diuraikan bersama dengan saran-saran yang dapat diimplementasikan untuk penelitian lebih lanjut.
Kata kunci: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan,Kurikulum Merdeka
References
Dayanti, J., & Sumaryanto, S. (2021). Implementation of physical, sports, and health education facilities. Jurnal Keolahragaan. https://doi.org/10.21831/jk.v9i1.32490
Dewi, D. T., & Maemonah, M. (2022). Analisis bahan ajar kurikulum 2013 berbasis kecerdasan majemuk tema 8 kelas III sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 15-30.
Fikri, A. & M. (2016). The Application Of Game Models To Promote Student Participation In Learning Rounders Game Activities’,. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24021
Fikri, A., & Hardiyono, B. (2020). The Level Of Teachers Understanding In Physical Education, Sports And Health About The 2013 Curriculum. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 96- 107.
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 686–692
Firdausiyah, A., & Akhmadi, A. (2021). Urgensi Prinsip dan Faktor Kurikulum dalam Mencapai Keberhasilan Pendidikan (Studi Analisis Implementasi Kurikulum 2013). Islamic Akademika, 3(2), 63-75.
Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT Bumi Aksara.
Ichsan, F. N., & Hadiyanto, H. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan
Javanisa, A., Fauziah, F. F., Melani, R., & Rouf, Z. A. (2022). Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak Terhadap Motivasi Peserta Didik. Jurnal Kalam Pendidikan Pgsd Kebumen, 1, 34–47
Kemendikbudristek. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/
Keputusan Kepala BSKAP Nomor 044/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023 (12 Juli 2022)
Khoirotun, N. A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99– 112. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112.
Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Prototipe (2020-2021) Atau Kurikulum Merdeka (2022) Mata Pelajaran Bahasa Inggris: Suatu Kajian Bandingan. Sinastra: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra, 1, 373–382
Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh aktivitas fisik terhadap peningkatan kecerdasan emosi siswa. Journal Sport Area, 4(2), 339- 347.
Sukmadinata, N. S. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya - Penelusuran Google. (N.D.). Retrieved May 26, 2022
Uno, H. B. (2022). Landasan pendidikan. Bumi Aksara.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).
Hardani, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).
Anna Abdullah dan Agus Manadji. (1994). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Bandung: Penerbit Alfabeta, cetakan kedua.
Yudha Febrianta dan Ahmad Fauzan Hambatan Komunikasi Guru Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SD Negeri Se-Kecamatan Kembaran Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 11, No 1, Maret 2019: 27-33
WAKHUDIN Memperkokoh Karakter Siswa Sekolah Dasar dengan Belajar dari Keberhasilan Jepang ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan, Volume 8(2), Desember 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dimas Setiawan, Yudha Febrianta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.