Implementasi Metode Pembiasaan Shalat Berjamaah Dalam Membentuk Karakter Mandiri Dan Bertanggungjawab Pada Anak

Studi Kasus Di MI Roudlotul Muta’allimin Desa Tunggak, Toroh, Grobogan Tahun 2015

Authors

  • Budi Utomo

Abstract

Buku ini didalam memuat tentang metode pembiasaan shalat berjama’ah dalam membentuk karakter mandiri dan bertanggung jawab pada anak/siswa. Praktikum tarbiyah memang memiliki dua komponen inti yang memiliki keterkaitan esensial. Beberapa permasalahan siswa yang tidak awam didengar telinga seperti membuang sampah sembarangan, belajar dirumah kalua ada PR, PR tidak dikerjakan di rumah melainkan di sekolah saat pagi hari sebelum pelajaran hari itu di mulai, sehingga terkadang anak yang mendapat jadwal regu piket kebersihan tidak dilaksanakan, guru setiap hari mengingatkan piket regu kerja, dsb. Meskipun shalat tidak wajib bagi anak kecil, namun mereka harus diwajibkan shalat ketika sudah umur tujuh tahun, Di sinilah madrasah diharapkan dapat memainkan peranan penting dalam pembentukan intelektual, emosional dan spiritual anak. Madrasah seharusnya menjadi wadah pemupukan kecerdasan setiap siswa, dan di atas segalanya, menjamin agar setiap siswa mendapat kesempatan belajar yang sama dan layak. Buku ini menjelaskan terkait definisi shalat, karakter, kemandirian, tanggung jawab, fungsi, tujuan dan perlunya pembiasaaan shalat berjamaah serta metode yang digunakan untuk melukan pembiasaan terhadap siswa untuk melaksanakan shalat berjama’ah.

Downloads

Published

17-02-2025

How to Cite

Utomo, B. . (2025). Implementasi Metode Pembiasaan Shalat Berjamaah Dalam Membentuk Karakter Mandiri Dan Bertanggungjawab Pada Anak: Studi Kasus Di MI Roudlotul Muta’allimin Desa Tunggak, Toroh, Grobogan Tahun 2015. AMU Press, 1(1), 1–60. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/press/article/view/398

Issue

Section

Buku