KEPERCAYAAN GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRAKTIK PENGAJARAN DI KELAS

Authors

  • Muthia Farida IAHN Tampung Penyang Palangka Raya

Abstract

Penelitian di bidang psikologi kognitif pada empat dekade terakhir ini telah meyakinkan bahwa kepercayaan memiliki peran penting dalam sebagai dasar praktik pengajaran guru di kelas. Berbagai pendekatan dan metode pembelajaran dinilai tidak akan bisa berjalan efektif di kelas apabila guru tidak memiliki kognisi pedagogi yang tepat. Kognisi guru berkaitan erat dengan kepercayaan yang dipegangnya. Kepercayaan ini merujuk pada konsep atau teori personal yang diyakini guru terhadap pembelajaran dan subjek yang diajarnya. Artikel ini bertujuan untuk mengulas lebih mendalam tentang kepercayaan guru ini. Pada artikel ini akan dibahas tentang definisi kepercayaan guru, faktor yang mempengaruhi kepercayaan guru, dan terakhir kaitan kepercayaan guru dan praktik pengajarannya di kelas. Diharapkan dengan adanya ulasan ini, para guru lebih memahami pentingnya kognisi dan kepercayaan yang mereka miliki dan bagaimana menyelaraskan hal tersebut dengan praktiknya di kelas sehingga tercipta proses pembelajaran yang berhasil.

Kata kunci: kepercayaan guru, praktik pengajaran, kognisi guru, pendidikan

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Farida, M. (2023). KEPERCAYAAN GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRAKTIK PENGAJARAN DI KELAS. Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 8(2), 41–51. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/119